Menu

Mode Gelap
Partai Gerindra Tunjuk Rusdi Sutejo jadi Bacabup di Pilkada Pasuruan Korban Pembacokan di Tongas Bantah Goda Istri Pelaku SD Negeri di Lumajang Kekurangan Murid, Kok Bisa? KPU Gunakan PKPU 8 Tahun 2024 untuk Pilkada Kabupaten Probolinggo Stok Menipis, Harga Cabai Rawit di Kota Probolinggo Tembus Rp100 Ribu Kapok! Dua Spesialis Maling Pikap di Pasuruan Diringkus Polisi

Nasional · 9 Jul 2024 19:56 WIB

Tampilkan Atraksi Maut, Latihan Tempur TNI AU Sukses Pukau Warga Lumajang


					ANTUSIAS: Ratusan warga berdatangan untuk menyaksikan latihan tempur Sikatan Daya TNI AU yang digelar di Lumajang. (foto: Asmadi). Perbesar

ANTUSIAS: Ratusan warga berdatangan untuk menyaksikan latihan tempur Sikatan Daya TNI AU yang digelar di Lumajang. (foto: Asmadi).

Lumajang,- Pagi buta, kawasan pesisir selatan Air Weapon Range (AWR) Pandanwangi, Kecamatan Tempeh, Kabupaten alumajang, sudah mulai disesaki warga. Selasa (9/7/24).

Warga seperti tak sabar untuk menyaksikan latihan tempur Sikatan Daya TNI AU, yang bakal melakukan manuver dan sejumlah atraksi maut.

Sebagian warga bahkan rela berjalan kaki dari lokasi parkir kendaraan roda empat maupun roda dua yang cukup jauh dari pintu masuk AWR demi melihat latihan tempur prajurit-prajurit terbaik di tanah air itu.

Panglima Komando Operasi Udara II Marsekal Muda TNI, Budhi Achmadi mengatakan, dalam latihan manuver udara, personel TNI AU mensimulasikan beberapa operasi udara, yang cukup berbahaya.

“Latihan ini menguji konsep operasi udara gabungan dalam Operasi Militer Perang (OMP), serta menguji kesiapan operasional jajaran Koopsud II TNI Angkatan Udara dihadapkan dengan tantangan tugas mendatang,” kata Budhi.

Ada tiga pangkalan udara tipe A yang dilibatkan dalam latihan ini, yakni dari Lanud Abdulrachman Saleh Malang, Lanud Iswahjudi Madiun dan Lanud Muljono Surabaya.

Menurut Budhi, latihan Matra Udara II Koopsud II Sikatan Daya menjadi tolak ukur sejauh mana tingkat kesiapan dan profesionalisme seluruh satuan jajaran Komando Operasi Udara II.

“Selain untuk latihan tempur, kegiatan ini juga sekaligus untuk memperkenalkan kepada masyarakat sejumlah alutsista yang dimiliki oleh TNI AU,” papar Budhi.

Usaha TNI AU menggelar latihan tempur di kota pisang tak sia-sia. Warga tampak antusias untuk menyaksikan langsung latihan Sikatan Daya 2024.

Salah seorang penonton, Reni mengaku bangga dengan alutsista yang di miliki TNI AU. Menurutnya, latihan tempur TNI AU yang dilakukan di AWR Pandanwangi ini sangat mengagumkan.

“Setelah melihat latihan tempur TNI Angkatan Udara, saya sendiri merasa bangga memiliki TNI sehebat dan sekuat ini,” ujar wanita asal Desa Kunir, Kecamatan Kunir, Kabupaten Lumajang ini. (*)

 

 


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Moch. Rochim


 

Artikel ini telah dibaca 41 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Ukur Kemampuan Prajurit, TNI AU Gelar Latihan Tempur di Lumajang

9 Juli 2024 - 17:55 WIB

Momentum Hari Bhayangkara, Kapolres Probolinggo; Saatnya Mengabdi Tanpa Henti

1 Juli 2024 - 20:33 WIB

Ditarget Rampung Agustus, Proyek Tol Probowangi Gending-Kraksaan Capai 57 Persen

3 Juni 2024 - 16:46 WIB

Wartawan Lumajang Turun ke Jalan Tolak RUU Penyiaran, Sampaikan 5 Tuntutan ini

17 Mei 2024 - 13:05 WIB

Tenang! Pasokan Listrik Jawa Madura hingga Bali Aman Jelang Idul Fitri

6 April 2024 - 15:30 WIB

Trending di Nasional