Menu

Mode Gelap
Literasi Digital Penting bagi Generasi Muda demi Perangi Berita Hoaks pada Pilkada 2024 ‘Disambut’ Bencana Alam, Pj Bupati Lumajang Torehkan Banyak Prestasi Sadis! Wanita di Kuripan Probolinggo Habisi Suami karena CLBK dengan Istri Pertama Hoaks Bertebaran Jelang Pilkada Serentak 2024, Jurnalis Diminta Jadi Tonggak Penegak Demokrasi Kandang Ternak di Sumbertaman Kota Probolinggo Terbakar, Motor Ikut Ludes PT. KAI Daop 9 Bongkar Bantalan Rel Kayu, Diganti dengan Bantalan Sintetis

Nasional · 9 Jul 2024 19:56 WIB

Tampilkan Atraksi Maut, Latihan Tempur TNI AU Sukses Pukau Warga Lumajang


					ANTUSIAS: Ratusan warga berdatangan untuk menyaksikan latihan tempur Sikatan Daya TNI AU yang digelar di Lumajang. (foto: Asmadi). Perbesar

ANTUSIAS: Ratusan warga berdatangan untuk menyaksikan latihan tempur Sikatan Daya TNI AU yang digelar di Lumajang. (foto: Asmadi).

Lumajang,- Pagi buta, kawasan pesisir selatan Air Weapon Range (AWR) Pandanwangi, Kecamatan Tempeh, Kabupaten alumajang, sudah mulai disesaki warga. Selasa (9/7/24).

Warga seperti tak sabar untuk menyaksikan latihan tempur Sikatan Daya TNI AU, yang bakal melakukan manuver dan sejumlah atraksi maut.

Sebagian warga bahkan rela berjalan kaki dari lokasi parkir kendaraan roda empat maupun roda dua yang cukup jauh dari pintu masuk AWR demi melihat latihan tempur prajurit-prajurit terbaik di tanah air itu.

Panglima Komando Operasi Udara II Marsekal Muda TNI, Budhi Achmadi mengatakan, dalam latihan manuver udara, personel TNI AU mensimulasikan beberapa operasi udara, yang cukup berbahaya.

“Latihan ini menguji konsep operasi udara gabungan dalam Operasi Militer Perang (OMP), serta menguji kesiapan operasional jajaran Koopsud II TNI Angkatan Udara dihadapkan dengan tantangan tugas mendatang,” kata Budhi.

Ada tiga pangkalan udara tipe A yang dilibatkan dalam latihan ini, yakni dari Lanud Abdulrachman Saleh Malang, Lanud Iswahjudi Madiun dan Lanud Muljono Surabaya.

Menurut Budhi, latihan Matra Udara II Koopsud II Sikatan Daya menjadi tolak ukur sejauh mana tingkat kesiapan dan profesionalisme seluruh satuan jajaran Komando Operasi Udara II.

“Selain untuk latihan tempur, kegiatan ini juga sekaligus untuk memperkenalkan kepada masyarakat sejumlah alutsista yang dimiliki oleh TNI AU,” papar Budhi.

Usaha TNI AU menggelar latihan tempur di kota pisang tak sia-sia. Warga tampak antusias untuk menyaksikan langsung latihan Sikatan Daya 2024.

Salah seorang penonton, Reni mengaku bangga dengan alutsista yang di miliki TNI AU. Menurutnya, latihan tempur TNI AU yang dilakukan di AWR Pandanwangi ini sangat mengagumkan.

“Setelah melihat latihan tempur TNI Angkatan Udara, saya sendiri merasa bangga memiliki TNI sehebat dan sekuat ini,” ujar wanita asal Desa Kunir, Kecamatan Kunir, Kabupaten Lumajang ini. (*)

 

 


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Moch. Rochim


 

Artikel ini telah dibaca 89 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Sah! Prabowo-Gibran Dilantik jadi Presiden-Wapres RI

20 Oktober 2024 - 13:43 WIB

KIM Desa di Lumajang Masuk 10 Besar Nasional dan 10 Besar Jatim

15 Oktober 2024 - 15:30 WIB

Terkendala Anggaran, Persipro 54 Terancam Gagal Arungi Liga 3 Jatim

10 Oktober 2024 - 11:49 WIB

Hadapi UU PDP, AMSI Gelar Pelatihan Perusahaan Media

15 September 2024 - 18:04 WIB

Manuver Presiden Jokowi Usai Jabatan Berakhir, Gabung Partai Gerindra?

3 September 2024 - 09:22 WIB

Prabowo Subianto: Pemimpin Baru Indonesia yang Didukung Presiden Jokowi dan Isu Keretakan

2 September 2024 - 15:12 WIB

Apa yang Terjadi Jika Kotak Kosong Menang dalam Pilkada 2024? Ini Tahapan yang Harus Dilalui

2 September 2024 - 11:58 WIB

Pasar Djaman Bijen Warnai Perayaan HUT Kemerdekaan di Winongan Pasuruan

17 Agustus 2024 - 22:16 WIB

Khidmat! Saat Warga Tengger Upacara HUT Kemerdekaan di Lautan Pasir Bromo

17 Agustus 2024 - 14:03 WIB

Trending di Nasional