Sepasang pencuri saat pura - pura jadi pembeli (foto : Ibnu Hajar)

Pura-pura Beli, Dua Sejoli Embat Emas Senilai Rp3,4 Juta

Kraksaan,- Gelang emas seharga Rp3,4 juta di di toko emas Pusaka Semampir, Kecamatan Kraksaan Kabupaten Ptobolinggo, raib digondol maling. Pelakunya, diduga kuat merupakan sepasang suami istri (pasutri).

Pemilik toko Ibnu Hajar (30) mengatakan, pencu di tokonya terjadi Kamis (27/10/22) sekira pukul 08.33 WIB. Saat itu, ditokonya banyak pembeli, termasuk sepasang pria dan wanita diduga pasutri.

Tak berselang lama, dua sejoli mencurigakan itu bertanya kepadanya soal harga gelang emas yang dijual seharga Rp15 juta. Namun, ternyata mereka tidak hanya bertanya satu jenis perhiasan saja

“Mereka itu bingung minta liat yang ini, yang itu, nah saat penjaganya toko lengah mereka mengambil gelang langsung dimasukkan ke sakunya,” terang Ibnu, Jum’at (28/10/22).

Setelah berhasil mendapatkan gelang incaran, mereka kemudian bergegas meninggalkan toko. Ibnu Hajar yang curiga lantas mengecek rekaman Closed Circuit Television (CCTV).

“Setelah dapat gelangnya mereka bilangnya masih mau ke selatan sebentar. Setelah itu karena saya curiga, saya cek CCTV, ternyata benar mereka imembawa kabur gelang emas di toko ini,” paparnya.

Ibnu menyebut, saat ditanya pasangan itu mengaku merupakan warga Kabupaten Probolinggo. Namun dari logatnya, Ibnu mencurigai mereka berasal dari luar Kabupaten Probolinggo maupun wilayah sekitarnya.

“Saya curiganya disitu karena mereka mengaku orang Kraksaan yang lama di Lumajang. Tapi, memang dari bicaranya mereka itu bukan orang sini, ataupun Lumajang,” jelasnya.

Dalam rekaman CCTV berdurasi 04.16 detik, tampak seorang laki-laki dan perempuan masuk toko lalu melihat-lihat emas di etalase. Setelah itu, mereka minta penjaga toko mengambilkan gelang sebelum akhirnya dibawa kabur.

“Saya sebar rekaman CCTV-nya agar orang lain berhati-hati ketika melihat orang yang ada di rekaman itu. Ciri-cirinya, yang laki-laki berkulit agak gelap berkopyah, dan yang perempuan agak gemuk berkerudung dengan kulit agak putih,” ungkapnya. (*) 

Baca Juga  Pusakata hingga Ahmad Albar & Ian Antono Pukau Penonton Jazz Gunung

 

Editor: Efendi Muhammad

Publisher: Zainullah FT

Baca Juga

Dituduh Jual Kayu, Paman Dibantu Anak Aniaya Ponakan Hingga Sekarat

Probolinggo,- Dituduh menjual kayu, bapak dan anak di Desa Wringinanom, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo, pada …