Menu

Mode Gelap
Partai Gerindra Tunjuk Rusdi Sutejo jadi Bacabup di Pilkada Pasuruan Korban Pembacokan di Tongas Bantah Goda Istri Pelaku SD Negeri di Lumajang Kekurangan Murid, Kok Bisa? KPU Gunakan PKPU 8 Tahun 2024 untuk Pilkada Kabupaten Probolinggo Stok Menipis, Harga Cabai Rawit di Kota Probolinggo Tembus Rp100 Ribu Kapok! Dua Spesialis Maling Pikap di Pasuruan Diringkus Polisi

Nasional · 9 Jul 2024 17:55 WIB

Ukur Kemampuan Prajurit, TNI AU Gelar Latihan Tempur di Lumajang


					LATIHAN TEMPUR: Salah satu manuver yang dilakukan prajurit TNI AU saat latihan tempur di Kabupaten Lumajang, Selasa (9/7/24) siang. (foto: Asmadi). Perbesar

LATIHAN TEMPUR: Salah satu manuver yang dilakukan prajurit TNI AU saat latihan tempur di Kabupaten Lumajang, Selasa (9/7/24) siang. (foto: Asmadi).

Lumajang,- Pesawat tempur milik TNI Angkatan Udara (AU) melakukan manuver diatas langit lapangan Air Weapon Range (AWR), Desa Pandanwangi, Kecamatan Tempeh, Kabupaten Lumajang, Selasa (9/7/24).

Hadir dalam acara tersebut, Pj Bupati Lumajang Indah Wahyuni, Forkopimda serta forkopincam. Mereka ikut memeriahkan latihan sikatan daya tersebut.

Latihan militer yang disebut sebagai Komando Operasi Satuan TNI Angkatan Udara II (Koopsud) II ini melibatkan pesawat tempur, pesawat angkut, pesawat intai, satuan radar, dan Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat).

Seluruh unsur dan satuan tugas memainkan skenario latihan sesuai platformnya masing-masing.

Panglima Komando Operasi Udara II Marsekal Muda TNI, Budhi Achmadi mengatakan, dalam latihan manuver udara, personel TNI AU mensimulasikan beberapa operasi udara.

“Latihan ini menguji konsep operasi udara gabungan dalam Operasi Militer Perang (OMP), serta menguji kesiapan operasional jajaran Koopsud II TNI AU dihadapkan dengan tantangan tugas mendatang,” kata Budhi ditemui di Lapangan AWR Pandanwangi.

Tidak hanya itu, TNI AU juga melakukan beberapa serangan taktis dengan sejumlah pesawat yang bernaver diatas langit AWR Pandanwangi.

“Kami melakukan operasi intelejen udara, operasi udara serangan strategis, operasi udara perlawanan, operasi dukungan udara atau pengisian bahan bakar di udara hingga penerjunan,” ujarnya.

Ada tiga pangkalan udara tipe A yang dilibatkan dalam latihan ini. Yakni Lanud Abdulrachman Saleh Malang, Lanud Iswahjudi Madiun dan Lanud Muljono Surabaya.

Menurut Budhi, latihan Matra Udara II Koopsud II Sikatan Daya menjadi tolak ukur sejauh mana tingkat kesiapan dan profesionalisme seluruh satuan jajaran Komando Operasi Udara II.

“Apresiasi tinggi saya berikan atas pencapaian para prajurit TNI Angkatan Udara yang terlibat dalam pelaksanaan Latihan Matra Udara II Koopsud II Sikatan Daya 2024.” jelas dia.

SIKATAN DAYA: Salah satu atraksi yang dilakukan TNI AU saat latihan tempur di Kabupaten Lumajang. (foto: Asmadi).

Disamping itu, ia mengapresiasi profesionalisme yang telah ditunjukkan para prajurit TNI Angkatan Udara dalam Latihan Matra Udara II Koopsud II Sikatan Daya Tahun 2024.

Latihan ini juga sebagai wujud komitmen Komando Operasi Udara II dalam mewujudkan TNI Angkatan Udara yang AMPUH (Adaptif, Modern, Profesional, Unggul, dan Humanis).

Koopsud II juga menyelenggarakan Bakti Sosial dan Bakti Kesehatan di kota pisang.

“Sebanyak 2000 paket sembako Bakti Sosial dibagikan kepada masyarakat serta Bakti Kesehatan meliputi Donor Darah, Khitanan Masal, dan Pengobatan Masal yang siap melayani masyarakat Kabupaten Lumajang dan sekitarnya,” urainya.

Alutsista pesawat TNI AU Satuan Koopsud II yang dilibatkan, yakni:

– Pesawat Intai Strategis Boeing 737 Skadron Udara 5

– Pesawat tempur Sukhoi Su-27/30 Skadron Udara 11

– Pesawat tempur T-50i Golden Eagle Skadron Udara 15

– Pesawat tempur F-16 Fighting Falcon

– Skadron Udara 3 dan Skadron Udara 14

– Pesawat tempur EMB-314 Super Tucano Skadron Udara 21

– Pesawat angkut C-130 Hercules Skadron Udara 32 dan Skadron Udara 33

– Pesawat angkut NC-212i Skadron Udara 4.

Sementara alutsista yang dilibatkan oleh Kopasgat TNI AU, meliputi:

– Rudal Hanud Chiron

– Oerlicon Skyshield

– QW-19

– Rantis Turangga

– Rantis P2 Tiger

– Rantis P6 ATAV

– Senjata Lawan Tank (SLT)

– Sniper AX-308 dan Sniper AW-50

– Mortir 81 dan Mortir 60. (*)

 

 


Editor: Mohammad S

Publisher: Moch. Rohim


 

Artikel ini telah dibaca 64 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Tampilkan Atraksi Maut, Latihan Tempur TNI AU Sukses Pukau Warga Lumajang

9 Juli 2024 - 19:56 WIB

Momentum Hari Bhayangkara, Kapolres Probolinggo; Saatnya Mengabdi Tanpa Henti

1 Juli 2024 - 20:33 WIB

Ditarget Rampung Agustus, Proyek Tol Probowangi Gending-Kraksaan Capai 57 Persen

3 Juni 2024 - 16:46 WIB

Wartawan Lumajang Turun ke Jalan Tolak RUU Penyiaran, Sampaikan 5 Tuntutan ini

17 Mei 2024 - 13:05 WIB

Tenang! Pasokan Listrik Jawa Madura hingga Bali Aman Jelang Idul Fitri

6 April 2024 - 15:30 WIB

Trending di Nasional