Perkokoh Ketahanan Pangan, Kementan Gelontorkan Alsintan

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Kementerian Pertanian (Kementan) RI distribusikan 50 unit pompa air dan bibit padi dan jagung untuk petani di Kabupaten Probolinggo. Bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) ini, untuk menopang ketahanan pangan petani di era modernisasi.

Bantuan itu secara simbolis diserahkan oleh Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman saat panen jagung di Desa Randumerak, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolingg, Rabu (16/1/2019). Bantuan ini selanjutnya akan didistribusikan secara bertahap.

“Ada 50 unit pompa air, bibit padi sebanyak 2 ton dan bibit jagung sejumlah 2,2 ton yang kami salurkan. Kami tidak memberikan uang, tapi dengan bantuan ini dan jika dimanfaatkan dengan baik, maka petani bisa membeli mobil,” tukas Amran seusai penyerahan alsintan.

Pejabat yang menjadi menteri sejak Oktober 2014 itu melanjutkan, dalam waktu dekat pihaknya akan mengirim 50 unit pompa air untuk mengatasi kekurangan air saat musim kemarau. Sementara bibit padi dan jagung, bisa langsung dimanfaatkan saat ini.

“Kami nantinya akan mengirimkan 50 unit pompa air kepada para petani, agar kesulitan-kesulitan air saat akan menanam tidak dirasakan lagi oleh petani. Ini agar ketahanan pangan kita kuat dan kokoh” tandasnya.

Salah satu penerima alsintan, Shobirin (50) yakin dengan bantuan itu ia akan cukup terbantu terutama saat musim kemarau. Sepanjang tahun 2018 saja, ia tak bisa maksimal memanfaatkan lahan tanam karena kekurangan pasokan air.

“Tahun 2018 kemarin, musim kemarau berkepanjangan, bahkan para petani sampai kehabisan akal untuk mendapatkan sumber air untuk dialirkan ke sawah. Bantuan pompa dan bibit akan kami manfaatkan sebaik-baiknya,” janji Shobirin. (*)

 

 

Penulis :  Moh Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga  Pengurus Koperasi Ikuti Bimtek Peningkatan Kelembagaan

Baca Juga

Banyak Kendaraan ‘Overload’ Melintas, Pj Bupati Probolinggo Sidak Portal Pembatas Tonase

Probolinggo,- Pj Bupati Probolinggo, Ugas Irwanto, Selasa siang (7/5/24) melakukan sidak di dua lokasi portal …