Hujan Deras, Sejumlah Jalan di Probolinggo Tergenang

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Hujan deras di Kota Probolinggo yang mengguyur pada Rabu sore (16/1/2019) rupanya membuat jalanan tergenang. Bahkan rumah warga yang cukup rendah dimasuki air sehingga membuat susah payah penghuninya.

Saat dikunjungi PANTURA7.com, kawasan langganan terganang air tersebut di Jalan KH. Abdul Azis Gg. Bingkilan, Kelurahan Kebonsari Kulon yang berbatasan dengan Kebonsari Wetan, Kecamatan Kanigaran. Air setinggi sekitar 30 cm membuat sejumlah warga harus berhati-hati memacu motornya.

Tergenangnya air di jalan tersebut sudah dirasakan bertahun-tahun oleh warga sekitar. Hal ini disebabkan saluran drainase atau selokan yang kurang baik. Pasalnya tengah proses perbaikan yang masih diusulkan di Perkim PUPR, sehingga air tak cukup menampung sehingga meluber kejalan.

Bahkan selokan sampai tak kelihatan karena air yang tergenang. Hal ini disampaikan Aspuri, Ketua RW 1 RT 2, Kelurahan Kebonsari Kulon.

“Di sini langganan dari dulu kalau hujan deras. Apalagi saluran drainase tengah proses perbaikan namun masih proses karena baru diusulkan ke Perkim. Ya jadinya jalan ini menggenang antara 30-50 cm,” ucap purnawirawan TNI ini.

Salah satu rumahnya membuang air banjir yang masuk ke rumahnya. (Foto: Rahmad Soleh)

Namun menurut Aspuri air akan surut sendirinya sekitar satu jam kemudian. Namun menurutnya juga ada rumah yang sampai airnya masuk jika ada mobil yang lewat. Pasalnya rumah tersebut memiliki pondasi yang tak begitu tinggi.

Salah satunya rumah milik Sara atau Dani  (37), perempuan penjual nasi jagung ini harus bersusah payah mengeluarkan air yang masuk rumahnya. Kendati tak begitu dalam, ia cukup menguras tenaga membersihkan rumahnya .

“Ya kalau hujannya deras pasti masuk rumah. Apalagi pondasi rumah saya tidak tinggi. Ya seperti ini kalau hujannya deras apalagi lama,” kata Sara.

Ia pun berharap proses pembangunan saluran drainase dirumahnya segera cepat selesai. Sehingga tak menjadi langganan ketika hujan deras datang. (*)

Baca Juga  Pasca Banjir, Petugas Gabungan Bersihkan Material Lumpur

 

 

Penulis: Rahmad Soleh

Editor: Ikhsan Mahmudi

Baca Juga

Jadi Korban Tabrak Lari, Pemotor Lansia Meninggal di Jalur Pantura Wiroborang

Probolinggo,- Kecelakaan tragis terjadi di Jl. Panglima Sudirman, Kelurahan Wiroborang, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, Senin …