Lima Desa di 2 Kecamatan Terendam Banjir

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Sebanyak lima desa di dua kecamatan di Kabupaten Probolinggo terendam banjir, Kamis (28/1/2021) sore. Kelima desa itu, Matekan dan Sumur Dalam, Kecamatan Besuk, juga Bima, Sumberkembar dan Desa/ Kecamatan Pakuniran.

Pantauan PANTURA7.com, banjir merendam lima desa tersebut akibat hujan dengan intensitas sedang-tinggi yang berlangsung sejak sore hingga malam. Sehingga air sungai dari kawasan pegunungan meluap hingga ke permukaan.

“Kalau di sini (Pakuniran) cuma tiga desa saja, tapi hanya banjir biasa tidak terlalu parah. Hanya luapan air sungai saja, kalau di Desa Bima itu memang air yang turun dari gunung lumayan besar,” kata salah satu warga Kecamatan Pakuniran, Muhammad.

Meskipun banjir tidak sampai masuk ke rumah warga di tiga desa tersebut, lanjut Muhammad, akan tetapi sawah milik warga di Desa/Kecamatan Pakuniran sekitar 4 hektare terendam genangan air sehingga dipastikan tanaman padinya rusak.

“Alhamdulillah kalau rumah masih aman, mungkin hanya banjir kecil saja, tapi kalau di Desa Pakuniran cuma sawah warga saja tidak sampai masuk ke rumah warga. Kalau desa lainnya masih belum ada informasi,” ujarnya.

Dikonfirmasi terpisah, Camat Besuk, Puja Kurniawan menyampaikan, di wilayahnya masih terpantau dua desa dilanda banjir. Banjir tersebut, menurut dia, berasal dari sungai di desa sekitar yang meluap.

“Desa Matekan sama Sumur Dalam, kalau di Matekan banjir hanya masuk ke dapur warga yang memang rumahnya dekat dengan sungai. Tetapi di Sumur Dalam mengenangi jalan desa,” tutur Puja saat dihubungi melalui telepon. (*)


Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  Massa Penjemput Jenazah Covid-19 Dijerat 3 Pasal

Baca Juga

Tebing Piket Nol Kembali Longsor, Jalur Lumajang – Malang Kembali Ditutup

Lumajang,- Jalur Piket Nol di KM 54 Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang kembali ditutup. …