Vaksinasi Tahap Pertama di Kab. Pasuruan Serap 3.640 Botol Vaksin

BANGIL-PANTURA7.com, Sebanyak 437 tenaga kesehatan (nakes) RSUD Bangil Kabupaten Pasuruan, menjalani penyuntikan vaksin di lantai III gedung instalasi gawat darurat (IGD) rumah sakit setempat, Kamis (28/01/2021). Para nakes itu, terdiri dari perawat hingga dokter.

Menurut Humas RSUD Bangil, Muhammad Hayat, tidak semua pegawai di RSUD Bangil mengikuti vaksinasi tahap pertama ini. Jumlah 437 orang yang divaksin, bukan jumlah keseluruhan nakes di rumah sakit plat merah itu.

“Vaksinasi di RSUD Bangil ada 637 nakes, tapi di tahap pertama hanya 437 orang. Sisinya akan disuntik vaksin pada tahap kedua,“ kata Hayat.

Hayat menambahkan, bagi nakes yang pernah terpapar Covid-19, untuk sementara tidak disuntik vaksin. Sebab pihak rumah sakit, jelas Hayat, masih akan melakukan screening.

“Secreening dilakukan pada tahap kedua bersama dengan pegawai lainnya. Tujuannya untuk memastikan bahwa kondisi kesehatan mereka betul-betul baik,” jelasnya.

Secara keseluruhan, ada 3.640 botol vaksin yang disuntikkan secara serentak di Kabupaten Pasuruan. Penerima vaksin meliputi 10 pejabat publik serta 3630 nakes di RSUD Bangil, RSUD Grati, RS Prima Husada, dan puskesmas se-Kabupaten Pasuruan.

Setelah selesai disuntik, seluruh penerima vaksin tersebut diminta untuk beristirahat selama 30 menit. Hal itu untuk mengetahui reaksi yang ditimbulkan, apakah baik-baik saja atau merasakan efek samping.

“Istirahatnya cukup 30 menit saja sembari melihat aopakah ada reaksi yang ditimbulkan atau justru tidak. Kalaupun ada reaksi, kita bisa lakukan penanganan secepatnya,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan, dr Ani Latifah.

Dikatakan Ani, vaksinasi yang dilakukan hari ini masih dalam tahap pertama. Sedangkan tahap kedua atau terakhir akan dilakukan 14 hari setelah vaksin pertama selesai dilakukan.

“Insya-Alah 11 Pebruari. Pokoknya dua minggu atau 14 hari pasca penyuntikan vaksin yang pertama, kita akan melakukan penyuntikan tahap kedua atau yang terakhir,” tandas dia. (*)

Baca Juga  Besok, Keluarga Pasien Meninggal Covid-19 Ditracking Massal

Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Terima 24 Ribu Dosis, Pemkab Probolinggo Masifkan Vaksin Ternak

Probolinggo,- Dinas Pertanian (Disperta) Kabupaten Probolinggo menerima vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) untuk triwulan …