KANIGARAN-PANTURA7.com. Warga di lingkungan Kelurahan Kebonsari Kulon, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo menutup semua gang masuk wilayahnya di malam hari. Hal itu untuk melakukan pembatasan orang luar masuk ke lingkungan mereka, yakni dalam rangka menekan penyebaran virus corona (Covid-19).

Ketua RT setempat, Harto (51) mengatakan, penutupan semua gang mulai di lingkungan RT 01, RT 02, dan RT 12 tersebut merupakan inisiatif warga sendiri, tujuannya mencegah merebaknya Covid-19. “Semua gang di lingkungan kami ditutup pada malam hari, pukul 19.00-05.00,” katanya, Rabu (15/4/2020).

Masih kata Harto, penutupan semua gang tersebut , dilakukan setelah ada kesepakatan dengan warga. Sebelum gang ditutup, warga terlebih dulu melakukan penyemprotan disinfektan di setiap gang.

Rumah milik warga juga tak luput dari penyemprotan itu. Tak ketinggalan pula, mereka menyediakan tempat cuci tangan di tiap gang.

“Jika ada masyarakat luar yang masuk akan dilakukan pengecekan suhu tubuh dengan thermo gun terlebih dulu dan mempersilakan cuci tangan di tempat yang disediakan,” kata Harto.

Warga tetap diperbolehkan beraktivitas seperti biasa, namun kita batasi hingga pukul 19.00 sesuai SE Walikota Probolinggo. “Ini hanya bentuk antisipasi kita dalam upaya pencegahan Covid-19, kami lindungi masyarakat dulu,” tambahnya.

Sementara itu, persebaran wabah Covid-19 di Kota Probolinggo hingga kini, terdapat 201 Orang Dalam Pantauan (ODP), 5 orang berstatus Pasien Dalam Pantauan (PDP), serta 2 orang yang dinyatakan positif. (*)


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Muhammad Rizal


Baca Juga  Vaksinasi Tahap II di Kota Probolinggo Sasar TNI/Polri hingga Wartawan