KEIN Dorong Pesantren Aktif Sambut Industri 4.0

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) RI, mengajak masyarakat pesantren berperan aktif menyongsong revolusi industri 4.0. Pesantren sebagai lembaga pendidikan multi sektoral, dianggap mampu mencetak pengusaha atau entreprenuer handal.

“Karena masa depan bangsa berada di tangan kita bersama, terutama kalangan santri di pondok pesantren,” kata Ketua KEIN RI Soetrisno Bachir, saat berkunjung ke Pesantren Zainul Hasan Genggong di Desa Karangbong, Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo, Minggu (28/4/2019).

Dengan menjadi pengusaha, lanjut mantan ketua umum parpol ini, santri bisa membuka lapangan kerja dan mengelola sumber daya alam (SDA) yang ada di Indonesia. Apalagi sinergitas pemerintah dan pesantren kian ‘mesra’ beberapa tahun terakhir.

“Jika hal ini bisa dilakukan maka akan bisa meningkatkan ekonomi 7-8% secara nasional. Akan memberikan dampak positif bagi perkembangan ekonomi bangsa kita, apalagi jumlah pesantren di Indonesia sangat banyak” ujar dia.

Sementara menurut Pengasuh Pesantren Zainul Hasan Genggong, KH. Moh Hasan Mutawakkil Alallah, arahan KEIN sejalan dengan inovasi pesantren yang selama ini banyak melakukan pengembangan ekonomi kerakyatan, baik bagi masyarakat maupun santri.

“Contohnya, seperti usaha peternakan sapi perah di wilayah Kecamatan Krucil, usaha pertanian serta sejumlah usaha lainnya. Hal inilah yang akan membangkitkan ekonomi masyarakat dan santri di pondok pesantren,” katanya.

Selain ekonomi mandiri yang dirintis pesantren, Kiai Mutawakkil berharap pemerintah kedepannya lebih serius mendongkrak taraf ekonomi masyarakat. Terutama masyarakat yang hidup di wilayah pinggiran kota dan pedesaan.

“Juga peningkatan ekonomi masyarakat pesisir dengan memaksimalkan potensi laut dan perikanan. Kami kalangan pesantren siap membantu pemerintah dalam upaya peningkatan ekonomi umat atau kerakyatan,” tutur kharismatik ini. (*)

 

 

 

Baca Juga  Ngajak Golput? Bisa Dipenjara 4 Tahun Lhoo..

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Kendalikan Inflasi, Pemkab Lumajang Ajak Masyarakat Tanam Tanaman Cepat Panen

Lumajang,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang, mengajak masyarakat menanam pangan cepat panen untuk menekan angka inflasi. …