Terkuak! Pembuang Bayi di Sungai Pasirian Ternyata Ibu Kandung Sendiri

Lumajang,- Teka-teki pembuang bayi laki-laki di pinggir sungai, Desa Nguter, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang pada Jumat (2/9/2022) kemarin, akhirnya terungkap.

Pelakunya ternyata seorang perempuan muda berinisial B-L (19). Ia tak sendiri melainkan bersama teman prianya, yang diduga kuat sebagai ayah dari bayi malang itu.

Kepada polisi, B-L mengaku nekat membuang bayi yang merupakan anaknya sendiri, karena takut diketahui oleh kakaknya yang tinggal serumah bersamanya. Sedangkan kedua orang tua B-L, bekerja sebagai perantauan.

Kapolres Lumajang AKBP Dewa Putu Eka Dermawan saat rilis kasus, Senin (5/9/2022) mengatakan, B-L diamankan pada Sabtu (3/9/2022). Sementara teman pria B-L sekaligus ayah si bayi, masih dalam pencarian.

“Jadi yang bersangkutan ini merupakan warga sekitar sungai, tempat dimana bayi itu dibuang. Sekarang masih dalam pemeriksaan, sedangkan bayinya dirawat di rumah sakit Bhayangkara Lumajang,” kata Kapolres..

Dewa menjelaskan, B-L merupakan salah satu karyawan toko di daerah Kecamatan Pasirian. B-L dengan teman prianya itu, baru berpacaran dan belum menikah.

Siapa sangka, hubungan asmara keduanya justru menumbuhkan benih dalam rahim B-L. Namun karena kehamilannya takut diketahui oleh keluarga dan B-L kebingungan untuk merawat si buah hati, ia lalu memutuskan untuk membuang bayinya.

“Pelaku diduga memang sengaja membuang bayi di sungai itu, harapanya agar bisa dirawat oleh orang lain,” jelasnya.

Dewa menyampaikan, pihaknya sudah mengumpulkan keluarga besar B-L bersama Kapolsek dan perangkat Desa agar tercipta kemufakatan secara kemanusian. Untungnya dalam hal itu, bayi yang dibuang B-L masih hidup.

“Alhamdulillah bayi ini masih hidup. Bahkan, keluarga besarnya (B-L) sudah siap untuk merawat bayinya,” terangnya.

Dewa menyampaikan, kedepan pihaknya berencana mengembalikan bayi malang itu ke pihak keluarga. Alasannya, karena bayi akan merasa lebih nyaman apabila dirawat oleh keluarganya sendiri.

Baca Juga  Rusak Jendela Rumah, Motor Warga Laweyan Dicuri

Sementara untuk proses hukum, lanjut Dewa, kondisi bayi ini masih sehat. Sedangkan ibu bayi ini adalah korban dari pacarnya.

“Kalau seandainya bayi itu kemarin meninggal, lain lagi ceritanya,” tuturnya.

Hingga saat ini, menurut Kapolres, proses pencarian pacar si B-L masih terus dilakukan berdasarkan beberapa keterangan yang telah dikantongi oleh kepolisian.

“B-L sendiri masih tidak mau berterus terang soal identitas pacarnya. Jadi perlahan kita akan cari tahu siapa itu pacarnya yang tega meninggalkannya begitu saja,” pungkasnya.

Sekedar informasi, warga Dusun Umengan, Desa Nguter, Kecamatan Pasirian, digegerkan dengan penemuan bayi mungil yang dibungkus selimut biru, Jum’at (2/9/2022). Bayi ditemukan di tepi Sungai Umengan. (*)

Editor : Efendi Muhammad
Publisher : Zainullah FT

Baca Juga

Motor Ditendang, Emak-emak Glamor di Besuk Jadi Korban Jambret 

Probolinggo,- Aksi nekad pelaku kejahatan terjadi di siang bolong. Kali ini, maling beraksi di Desa …