Daftar Tunggu Berangkat Haji di Kab. Probolinggo Normal Kembali, 35 Tahun

Probolinggo,- Pada tahun 2022, daftar tunggu (waiting list) haji di Kabupaten Probolinggo mencapai 70 tahun. Hal ini disebabkan adanya pengurangan kuota calon jemaah haji (CJH) untuk Provinsi Jawa Timur.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Probolinggo, Moch. Sugianto mengatakan, sejatinya di Jawa Timur terdapat sekitar 32 ribu CJH yang direncakan berangkat pada 2022 ini.

Namun, adanya peraturan dari pemerintah Arab Saudi untuk mengurangi CJH yang berangkat, akhirnya CJH dari Jawa Timur yang diberangkatkan sekitar 15 ribu orang.

“Kurang dari separo yang berangkat atau sekitar 48 persennya. Akhirnya daftar tunggunya semakin lama menjadi dua kali lipat, dari sekitar 35 tahun menjadi 70 tahun,” katanya, Senin (18/7/2022).

Ia menjelaskan, adanya pengurangan haji tersebut disebabkan pada 2022 ini merupakan haji perdana yang dilaksanakan sejak Covid-19 melanda dunia.

“Dua tahun sebelumnya kan memang tidak ada haji,” terangnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, kini dengan sudah berakhirnya pandemi Covid-19, ia pun memastikan pada tahun depan kuota CJH akan kembali normal seperti semula. Sehingga, masyarakat tidak perlu lagi mengantre hingga 70 tahun untuk berangkat haji.

“Jadi daftar tunggunya kembali lagi menjadi 35 tahun, makanya bagi masyarakat yang sudah daftar, saya harap tidak menarik kembali dana hajinya. Karena kalau sampai daftar ulang, itu sama halnya dimulai dari nol lagi masa tunggunya,” ujarnya.

Selain itu, regulasi yang mengalami perubahan pada haji tahun depan ialah terkait umur. Jika pada tahun ini usia CJH dibatasi sampai 65 tahun, maka pada tahun deoan tidak ada lagi batasan usia.

“Yang membuat aturan batasan usia ini bukan kami (Kemenag, Red.) tapi dari Saudi sana, alasannya baru selesai pandemi tadi. Untuk tahun depan sudah tidak ada lagi batasan usia,” terangnya. (*)

Baca Juga  Innalillahi.. KH. Maimun Zubair Wafat di Mekah

 

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Demi Hadiri Haul Kiai Hasan Genggong, Pemuda ini Rela Jalan Kaki Puluhan Kilometer

Probolinggo,- Pesantren Zainul Hasan (PZH) Gengggong Pajarakan, Kabupaten Probolinggo, menggelar haul KH. Muhammad Hasan Genggong …