Hari Ibu, Tahanan Polresta Probolinggo Menangis

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Derai air mata bercucuran di Ruang Tahanan Mapolres Probolinggo Kota, Sabtu (22/12/2018) pagi. Bersamaan dengan bulir air mata yang jatuh, pekik tangis sejumlah tahanan terdengar bersahutan hingga seantero ruangan.

Para tahanan menangis dan berlinang air mata, bukan karena sedang dilidik. Bukan juga akibat dipaksa untuk mengakui tindakan kriminalnya. Mereka menangis karena terharu saat membasuh kaki ibunda masing-masing, yang sengaja didatangkan petugas ke ruang tahanan.

Para tahanan dengan penuh kasih sayang membasuh kaki ibundanya, sembari meminta maaf atas perbuatan yang sudah mereka lakukan. Tak hanya para tahanan, bahkan ibunda dari para tahanan pun ikut menangis menyaksikan anaknya menangis haru dan penuh sesal.

Kapolresta Probolinggo, AKBP Alfian Nurrizal (tengah) beri pengarahan kepada para tahanan sebelum sungkem kepada ibundanya masing-masing. (ist)

Kapolres Probolinggo Kota, AKBP Alfian Nurrizal menuturkan, pihaknya sengaja menggelar kegiatan ‘Sungkem Kepada Ibu’ bagi tahanan dalam rangka memperingati Hari Ibu yang jatuh setiap tanggal 22 Desember.

“Surga ada di telapak kaki ibu. Untuk kesalahan maupun kekhilafan yang pernah kita lakukan, hendaknya kita meminta maaf dan berusaha untuk memperbaiki diri, salah satunya ya dengan cara sungkem,” terang Alfian.

Hari Ibu, lanjut Alfian, adalah momentum tepat untuk meminta maaf sembari menyesali perbuatan yang telah dilakukan. Ia juga berharap, momentum sungkeman membuat para tahanan sabar dan berupaya tidak mengulangi perbuatannya ketika mereka kembali ke masyarakat kelak.

“Selagi ibu kita masih ada, hendaknya kita menghormati, menyayangi dan mengasihi beliau. Karena doa ibu merupakan doa yang paling ijabah. Mudah-mudahan dengan momentum ini bisa diberi kemudahan dalam menghadapi proses hukum yang saat ini sedang dijalani,” tutup Alfian. (*)

 

 

Penulis : Mohammad Rochim

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga  'Gubuk Derita' Milik Hotija Tak Tersentuh RTLH

Baca Juga

Haulnya Dibanjiri Ribuan Jemaah, Ternyata ini Keistimewaan Kiai Hasan Genggong

Probolinggo,- Lautan manusia memenuhi halaman Pesantren Zainul Hasan (PZH) Genggong Pajarakan, Kabupaten Probolinggo dalam haul …