LECES-PANTURA7.com, Mohammad Abdul Rozaki (25) tertangkap basah saat hendak mencuri sepeda motor Yamaha Vega di Desa Clarak, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo, Jumat (3/7/2020). Warga Desa Clarak itu hendak mengambil motor bernomor polisi (Nopol) L 2354 YT milik Ali Sodikin, juga warga Clarak.

Saat itu Rozaki seorang diri hendak mengambil sepeda motor di kawasan persawahan tepatnya di SPPBE Pertamina Elpiji di Clarak.

Kebetulan Ali Sodikin bermaksud pulang dari sawahnya sekira jam 11.00 WIB karena mau shalat Jumat. Ia sempat memergoki Rozaki hendak mengambil motornya.

Bahkan sepeda motor yang dilengkapi kunci rahasia itu tidak bisa dinyalakan meski pelaku sudah berhasil membobol kunci kontak dengan kunci T.

Melihat hal tersebut korban dari kejauhan menghubungi perangkat Desa Clarak. Sehingga mereka datang berbondong-bondong untuk mengepung pelaku.

Sempat terjadi pengejaran sebelum pelaku tertangkap. Bahkan pelaku sempat lari menyeberangi atas jalan tol di Desa Clarak dan berencana melarikan diri ke arah selatan. Mengetahui dari sebelah selatan tol ada yang menjaga, pelaku balik arah dan kembali lagi menyebrangi tol ke arah utara.

Sempat bersembunyi di tengah-tengah jagung, nahasnya diketahui warga. Kemudian pelaku lari lagi ke arah barat menyeberangi Jalan Raya Clarak dan akhirnya tertangkap di Desa Polotan.

Warga yang sudah geram setelah sekitar setengah jam mengejar, akhirnya memukuli pelaku.

Moh. Fauzi (28), saudara korban mengatakan, Rozaki memang sudah lama diintai warga sekitar. Soalnya sering terjadi kehilangan sepeda motor milik warga sekitar dan yang dicurigai adalah Rozaki.

Sebelumnya saat terjadi kehilangan sepeda motor milik tetangganya, Rozaki sempat diinterogasi. Ia pun mengakui, dirinya yang mengambil. Rozaki pun berjanji untuk tidak mengulangi lagi.

Baca Juga  KH. Mutawakkil : Keberadaan KPK Fardlu ‘Ain Bagi Bangsa Indonesia

“Karena waktu itu tidak ada bukti yang cukup pihaknya tidak lapor polisi, tetapi warga sudah waspada kalau ada Rozaki. Pelaku tadi sempat mengaku telah mengambil sepeda motor 9 kali, 6 kali di Desa Clarak dan 3 kali di Desa Kerpangan. Sepeda motor saya juga sudah pernah hilang 2 kali ,” kata Fauzi yang juga ikut mengejar pelaku saat ditemui di Polsek Leces.

Sementara itu, Kapolsek Leces, AKP Achmad Gandi mengatakan, pelaku telah diamankan. Polisis sedang mengumpulkan alat-alat bukti yang lain.

“Tadi sebelum shalat Jumat anggota kami dihubungi warga mau nangkap pelaku pencurian, jadi anggota kami langsung turun ke lokasi,” tandasnya. (*)


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Rizal Wahyudi