Diperiksa Polisi, Koperasi PT SKI Akui Uang Kondite Masih Utuh

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Polres Probolinggo Kota terus melanjutkan pelaporan soal pemotongan upah karyawan (kondite) di PT Sumbertaman Keramika Industri (SKI) Kota Probolinggo. Sabtu (17/11/2018), dua pengurus koperasi dimintai keterangan terkait aliran uang kondite dan koperasi di PT SKI.

Kedua pengurus koperasi yang dipereksa, Ketua Koperasi dan Bagian Keuangan. Mereka diperiksa di ruang Reskrim Unit 1 Tindak Pidana Umum. Hal ini disampaikan penasihat hukum PT KTI, Mahmud saat ditemui Mapolresta.

“Hari ini lanjutan pemeriksaan dari pengurus koperasi. Dimulai sejak jam 10 tadi pagi. Ini masih di sela-sela mendengarkan keterangan,” ucap Mahmud.

Mahmud menegaskan, terkait kondite yang terjadi sejatinya tidak berpengaruh pada modal koperasi. Ia menyebut modal awal koperasi sebesar Rp 900 juta. Sedangkan uang kondite pun hingga kini ia katakan utuh tidak digunakan apa-apa. Namun ditanya berapa uang total kondite ia enggan menyebut karena masuk materi penyelidikan.

“Kalau dirata-rata sebenarnya uang kondite itu 3 jutaan per tahun. Dan sampai kinipun sejak tahun 2016 uang kondite disimpan dan utuh. Uang itu tidak digunakan apa-apa kalau nominal total cukup petugas yang tahu,” tegas Mahmud.

Namun demikian ia berharap kasus ini segera selesai. Ia memastikan soal kondite dan potongan sudah sesuai prosedur dan kesepakatan bersama.

Kasat Reskrim Polres Probolinggo Kota, AKP Nanang Fendy Dwi Susanto melalui sambungan selular mengatakan, pemeriksaan dua pengurus koperasi menjadi rangkaian tindak lanjut atas pelaporan karyawan PT SKI.

“Hari ini lanjutan pemeriksaan. Selanjutnya akan kami olah untuk nanti menentukan apa apa yang kurang dan kemudian dilakukan gelar perkara,” singkatnya . (*)

 

Penulis: Rahmad Soleh

Editor: Ikhsan Mahmudi

Baca Juga  Maling Spesialis Uang Kotak Amal di Lumajang Tertangkap, Beraksi di 46 TKP

Baca Juga

Berantas Stunting, Pemkab Lumajang Sediakan 120 Ribu Butir Telur

Lumajang,- PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur (Bank Jatim) memberikan bantuan 120 ribu butir telur …