TINJAU: Pj Bupati Pasuruan, BPBD Kab. Pasuruan dan sejumlah pihak terkait meninjau lokasi terdampak banjir untuk keperluan assesmen. (foto: Moh. Rois)

Banjir Bandang Terjang Winongan, Longsor di Lumbang Jadi Penyebab

Pasuruan,- Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan, Sugeng Hariyadi menyebut, banjir bandang yang melanda Desa Prodo, Kecamatan Winongan, disebabkan oleh longsor di wilayah dataran tinggi, yakni di Kecamatan Lumbang.

“Jadi banjir bandang ini sebabkan karena di Kecamatan Lumbang terjadi longsor,” kata Sugeng kata Sugeng setelah meninjau lokasi banjir bersama Pj Bupati, Minggu (28/1/24).

Dalam tinjauan sekaligus asesmen tersebut, beberapa kesepakatan diambil untuk penanganan segera. BPBD bersama tim asesmen akan melakukan normalisasi jalan yang terkena lumpur.

“Tindakan lain yang sudah kita lakukan adalah membersihkan material kayu dan bambu di sungai menggunakan alat berat untuk mengatasi penyumbatan jembatan di Desa Prodo,” jelas Sugeng.

Diketahui, banjir bandang di Desa Prodo, Kecamatan Winongan, terjadi pada Sabtu (27/1/24) sekitar pukul 17.00 WIB.

Banjir lumpur itu masuk ke permukiman warga. Selain itu, jembatan di desa tersebut terbawa arus akibat diterjang banjir. (*)

 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga  Lagi, Sesosok Mayat Pria Ditemukan di Gending

Baca Juga

Jembatan Hancur Diterjang Banjir Lahar Hujan, Warga Lumajang Bangun Jembatan Bambu

Lumajang,- Warga Dusun Tengir, Desa/Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang, membangun jembatan alternatif dari bambu untuk memulihkan …