MELUAS: Banjir menerjang 3 kecamatan di Kabupaten Pasuruan. (foto: Moh. Rois).

Banjir di Pasuruan Meluas, Rendam 3 Kecamatan

Pasuruan,- Banjir masih menggenangi permukiman warga di tiga kecamatan di Kabupaten Pasuruan, Sabtu (9/3/2024) siang. Kecamatan yang terdampak banjir adalah Winongan, Grati, dan Rejoso.

Pantauan PANTURA7.com, di Desa Winongan Kidul, Kecamatan Winongan, air sudah mulai surut. Saat ini ketinggian air di wilayah tersebut bervariasi, antara 20 centimeter hingga 40 centimeter dan genangan di jalan raya sudah surut, sehingga arus lalulintas mulai lancar.

Menurut Kepala Desa Winongan Kidul, Osin, Pemerintah Kabupaten Pasuruan sudah memberikan bantuan logistik seperti makanan dan air minum. Selain itu, bantuan kesehatan juga telah diberikan, termasuk obat-obatan dan pemeriksaan kesehatan.

“Air sudah surut, namun masih ada beberapa dusun yang masih terendam banjir,” kata Osin.

Kalaksa Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan, Sugeng Hariyadi, mengungkapkan bahwa selain di Winongan luapan sungai DAS Rejoso itu juga merendam Kecamatan Grati dan Kecamatan Rejoso.

Di Kecamatan Grati, banjir masih menggenangi permukiman warga Dusun Kebrukan Desa Kedawung Kulon dengan ketinggian mencapai dada orang dewasa.

Sementara di Kecamatan Rejoso, wilayah yang terendam banjir berada di Desa Toyaning. “Jadi total ada tiga kecamatan yang terdampak banjir,” urai Sugeng.

Diberitakan sebelumnya, hujan deras yang mengguyur Kabupaten Pasuruan Jumat, (8/3/24), mengakibatkan sejumlah wilayah di Kecamatan Winongan terendam banjir. Ketinggian air bervariasi, antara 30 sentimeter hingga 100 sentimeter.

Banjir dengan cepat masuk ke permukiman warga, membuat perabotan dan sembako milik warga tak terselamatkan. (*)

 

 

Editor: Mohammad S

Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga  Baliho Ganjar-Yenni Dicopot, PSI Polisikan Pol PP 

Baca Juga

Jembatan Hancur Diterjang Banjir Lahar Hujan, Warga Lumajang Bangun Jembatan Bambu

Lumajang,- Warga Dusun Tengir, Desa/Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang, membangun jembatan alternatif dari bambu untuk memulihkan …