KREATIF: Ketua TP PKK Kabupaten Lumajang, Musfarina Thoriq atau Ning Farin saat Talkshow di LPPL Radio Suara Lumajang.(foto: Asmadi)

Rumah Curhat, Cara Ketua TP PKK Lumajang Tekan Kekerasan pada Perempuan dan Anak

Lumajang,- Program Rumah Curhat jadi wadah Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Lumajang, untuk menekan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Ketua TP PKK Kabupaten Lumajang Musfarina Thoriq saat Talkshow di LPPL Radio Suara Lumajang mengatakan, melalui Rumah Curhat, maka setiap permasalahan bisa selesai di tingkat keluarga.

“Kita lebih melakukan pendekatan tingkat keluarga, kita kedepankan musyawarah dulu agar permasalahan ini selesai di tingkat keluarga prosesnya,” kata Ning Farin, sapaan akrabnya, Selasa (19/23).

“Kami (TP PKK Lumajang, red), berupaya membantu mengurangi kekerasan ibu dan anak, ini melalui pokja satu mengaktifkan kembali rumah curhat yang ada di masing-masing desa, kita rekrut kembali kader-kader untuk membantu melakukan pendampingan sampai di tingkat bawah,” tambahnya.

Ning Farin juga mengungkapkan, bahwa kasus kekerasan yang menimpa perempuan tentu menjadi perhatian khusus TP PKK Kabupaten Lumajang melalui Pokja I yang membidangi, yakni melalui program TP PKK yaitu Rumah Curhat, yang selalu melakukan pendampingan.

Menurutnya, kekerasan pada perempuan dan anak masih seringkali terjadi di masyarakat, bahkan bagi sebagian kalangan yang tidak melihat strata ekonomi.

Baru-baru ini juga sempat menimpa seorang ibu rumah tangga asal Desa Tanggung, Kecamatan Padang, yang dianiaya suaminya hingga menderita luka serius di bagian kepala.

Selain itu, diungkapkan Ning Farin, bahwa dalam Rumah Curhat masyarakat bisa menyampaikan segala permasalahan layaknya bercerita kepada teman, untuk menemukan solusi.

Ia mengharapkan, agar masyarakat bisa memanfaatkan program TP PKK yang sudah ada di hampir seluruh desa di Kabupaten Lumajang.

“Masyarakat bisa menyampaikan informasi atau uneg-uneg (keluhan, red) mereka terkait permasalahan yang terjadi, utamanya yang berkaitan dengan permasalahan perempuan dan anak,” jelas dia.

Baca Juga  Laka Karambol di Lumajang Tewaskan Sopir Truk Pasir, Begini Kronologi Kejadiannya

Editor: Mohamad S
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga

Dinilai Langgar Perda, Pemkot Pasuruan Tertibkan PKL di Jl. Sultan Agung dan Pelabuhan

Pasuruan,- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pasuruan, melakukan penertiban terhadap gerobak pedagang kaki …