SEMBAKO MURAH: Pj Walikota bersama Sekda, Kepala DKUMP, dan Kepala DKPPP di warung TPID Kota Probolinggo. (Istimewa).

TPID Kota Probolinggo Buka Warung Sembako, Harga tak Menguras Kantong

Probolinggo,- Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (DKUMP), sejak sebulanan ini membuka Warung Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) di Jalan Panglima Sudirman.

Selain berharap akan terus buka, DKUMP akan bersinergi dengan berbagai pihak untuk mendapat sembako yang lebih murah yakni, dari hasil panen petani langsung.

Warung TPID ini menjual aneka macam sembako di antaranya, beras SPHD Rp 53.000 per 5 kg, gula premium Rp 17.000 per kg, minyak goreng premium Rp 16.500 per kg, tomat Rp 20.000 per kg, dan bawang merah Rp 40.000 per ikat.

Pj Wali Kota Probolinggo, Nurkholis yang melakukan sidak ke Warung TPID ini menanyakan terkait operasional warung. Ia juga meminta harga yang dijual harus di bawah harga pasar.

“Sembako yang dijual di warung ini apakah terus berlanjut? Upayakan harganya murah, di bawah harga pasar,” ujar Nurkholis.

Terkait hal ini, Kepala DKUMP, Fitriawati mengungkapkan, pihaknya terus mengupayakan agar warung ini tetap buka, dan terus melakukan survei termasuk harga dan ketersediaan.

“Selain itu, DKUMP akan bersinergi dengan Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DPKPPP) untuk mendapatkan sembako dengan harga murah yang diperoleh langsung dari petani salah satunya bawang merah,” ujarnya.

Di sisi lain, sejak resmi dioperasikan, antusias warga terhadap warung TPID cukup baik dan terlihat mulai minggu lalu. Sementara untuk operasionalnya mulai Senin hingga Jum’at mulai pukul 07.30 WIB – 12.00 WIB.

“Warung TPID akan terus beroperasi selain menyediakan dan menstabilkan harga bahan pokok, juga dapat mengendalikan inflasi, terlebih juga menjadi objek survei BPS dalam menilai tingkat inflasi daerah,” cetus Fitriawati. (*)

Baca Juga  Disdikdaya Mulai Kaji Guru Honorer yang Jadi Penyelenggara Pemilu

 

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga

Tambah 54 PJU Baru, Dishub Kota Probolinggo Alokasikan Anggaran Rp860 Juta

Probolinggo,- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Probolinggo akan menambah puluhan Penerangan Jalan Umum (PJU) di sejumlah …