CEPAT PANEN: Pemkab Lumajang ajak masyarakat menanam sayuran dan tanaman holtikultura lantaran cepat panen. (istimewa).

Kendalikan Inflasi, Pemkab Lumajang Ajak Masyarakat Tanam Tanaman Cepat Panen

Lumajang,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang, mengajak masyarakat menanam pangan cepat panen untuk menekan angka inflasi. Seperti yang dilakukan oleh masyarakat Desa Karangsari, Kecamatan Sukodono.

Kabid Hortikultura Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Lumajang Hendra mengatakan, masyarakat diharapkan bisa mengoptimalkan lahan dan pekarangan kosong dengan menanami tanaman pangan cepat panen, seperti cabai, pisang, sayuran, maupun tanaman jenis palawija lainnya.

“Keuntungan yang akan diperoleh warga saat memanfaatkan pekarangan kosong, yakni warga tersebut dapat memenuhi kebutuhan pangan sendiri. Di samping itu, warga bisa menjual hasil panen palawija maupun sayurannya,” kata Hendra, Selasa (30/4/24).

Hendra menjelaskan, menanam palawija dan sayuran merupakan salah satu cara untuk menekan inflasi, sebab tanaman tersebut proses tanam hingga panennya tidak membutuhkan waktu lama.

Apalagi, kebutuhan konsumsi warga Kabupaten Lumajang masih sangat tinggi. “Sangat membantu menstabilkan harga kebutuhan pokok sekaligus menekan inflasi di Lumajang,” jelasnya.

Pj. Bupati Lumajang Indah Wahyuni menyampaikan, dalam upaya menjaga stabilitas harga dan mengendalikan inflasi, pihaknya mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan pekarangan sebagai ladang produktif dengan menanam tanaman pangan.

“Kita perlu gerakan cepat menanam, terutama cabai, bawang merah, sayuran, terong, dan tomat. Harga-harga naik jelang hari raya, inilah waktunya kita bertindak. Untuk itu, gerakan ini diharapkan tidak hanya mengendalikan inflasi, tetapi juga memberikan manfaat gizi bagi warga,” paparnya.

Dengan kegiatan tersebut, pihaknya mengharapkan masyarakat Lumajang menjadi agen perubahan dalam pengendalian inflasi.

“Dengan bersama-sama menanam di lahan pekarangan, masyarakat Lumajang diharapkan bisa menjadi agen perubahan dalam mengendalikan inflasi dan menyediakan pangan sehat bagi semua,” pungkasnya. (*)

 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Moh. Rochim

Baca Juga  Banyak Warga Lumajang Alami Batuk Pilek, Terpapar Covid-19?

Baca Juga

Susul Bawang Merah, Harga Cabai Rawit dan Cabai Besar Juga Naik

Probolinggo,- Selain bawang merah yang harganya naik, dua komoditas dapur cabai rawit dan cabai besar …