TERTANGKAP: Terduga pelaku curanmo saat digelandang anggota kepolisian ke Polsek Kraksaan. (foto: SS video).

Curi Motor lalu Kehabisan Bahan Bakar, Maling ini Akhirnya tertangkap 

Krejengan,- Seorang pria yang diduga pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) tertangkap warga di Desa Krejengan, Kecamatan Krejengan, Kabupaten Probolinggo, Rabu (25/1/23) sore.

Informasi yang dihimpun, tedduga pelaku bernama Saneman (45) warga Dusun Koreng, Desa Jambesari, Kecamatan Sumberbaru, Kabupaten Jember.

Saksi kejadian, Mohammad Sihal (48) mengatakan, terduga pelaku beraksi di area persawahan di Desa Sumberlele, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo.

Namun aksinya tepergok korban dan warga sehingga ia akhirnya melarikan diri ke arah selatan. Warga pun mengejar terduga pelaku hingga akhirnya tertangkap.

“Tertangkap di daerah Krejengan, yang hendak dicuri ini sepeda motor milik pekerja saya waktu dia bekerja di sawah saya itu,” kata Sihal.

Kanitreskrim Polsek Kraksaan, Ipda Djuwantoro Setyowadi membenarkan kejadian itu. Ia lantas menceritakan kronologi kejadian yang terjadi di wilayah hukumnya itu.

Menurutnya, sekitar pukul 13.00 WIB ia sudah mengintai terduga pelaku. Tak lama berselang, terduga pelaku datang dari arah timur bersama rekannya mengendatai sepeda motor bernomor polisi (nopol) P 3008 IN. Sesampainya di lokasi kejadian, keduanya langsung menuju motor Honda Beat putih bernopol N 5562 MD milik Mursidi (36), warga Desa Paras, Kecamatan Tegalsiwalan.

“Kebetulan korban ini seorang buruh tani yang kerja di wilayah Kraksaan, dan sepeda motornya diparkir di pinggir jalan. Jadi dua pelaku ini tiba dan satu turun menghampiri sepeda motor milik korban,” terang Setyo.

Setelah terduga pelaku menghampiri sepeda motor korban, imbuhnya, ia sengaja membiarkan pelaku mengotak-atik sepeda motor korban hingga membawa kabur motor matic itu ke arah barat.

“Spaya biarkan sampai ada tindakan pencurian dan ternyata dugaan saya benar. Setelah berhasil membawa motor korban, langsung saya kejar sampai akhirnya tertangkap di wilayah hukum Polsek Krejengan,” ungkap Setyo.

Baca Juga  Antisipasi Arus Mudik, Satlantas Polresta Siapkan Rekayasa Lalin

Pengejaran terhadap maling motor itu lebih mudah setelah motor yang dikendarai keduanya kehabisan bahan bakar. Sayangnya, satu pelaku berhasil meloloskan diri sehingga hanya satu orang yang berhasil ditangkap.

“Rekan pelaku barhasil lari, jadi tertangkapnya karena kehabisan bahan bakar. Kalau sepeda yang dicuri, itu memang ditinggal di jalan lalu pelaku kabur bersama rekannya,” pungkasnya.(*) 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga

Terdakwa Santri Bakar Juniornya di Pasuruan Divonis 5 Tahun Penjara

Pasuruan,- Terdakwa kasus santri bakar juniornya di salah satu pondok pesantren (Ponpes) di Kabupaten Pasuruan …