DICONGKEL: Marbot masjid, Puji, menunjukkan kotak amal yang dicongkel maling. (foto: Hafiz Rozani)

Siang Bolong, Maling Nekad Congkel Kotak Amal Masjid

Probolinggo,- Pencurian uang kotak amal terjadi di Masjid Al – Ikrom, Perumahan Kopian Barat, Kelurahan Ketapang, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo. Aksi pelaku, terekam Close Circuit Television (CCTV) yang terpasang di dalam masjid.

Marbot Masjid, Puji saat ditemui wartawan mengatakan, pencurian tersebut terjadi Kamis siang (15/06/23). Pencurian baru diketahui usai salat Isya’ oleh wakil bendahara masjid.

Saat pertama kali diketahui, gembok kotak amal yang ada di tempat salat perempuan sudah rusak. Mengetahui hal itu, kotak Amal lainnya dicek.

“Setelah itu, pengurus masjid kemudian mengecek 2 kotak amal lainnya. Ternyata, salah satu kotak amal di tempat salat laki-laki juga dicongkel namun kotak tidak berhasil dibuka,” ujar Puji, Jum’at (16/6/23).

Berdasarkan rekaman CCTV, sebelum mencongkel kotak amal, pelaku yang datang mengendarai Honda Vario merah nopol N 2182 MJ.

Tiba di masjid, ia lalu parkir motor didepan tempat penyimpanan keranda, kemudian pelaku turun dari motor dan beraksi.

Dari 3 kotak amal yang disasar pelaku, 1 kotak amal yang ada di tempat salat khusus muslimat berhasil dibuka. Meski demikian, pihak pengurus masjid belum mengetahui jumlah uang yang diambil oleh pelaku.

“Kalau jumlah total uang yang diambil kita tidak tahu. Namun saat ditotal setiap seminggu sekali, 3 kotak amal tersebut berjumlah Rp1,2 juta hingga Rp1,5 juta,” imbuhnya. (*)

 

Editor: Mohamad S

Publisher :Zainul Hasan R

Baca Juga  Otopsi Forensik, Polisi Ungkap Penyebab Kematian Janda di Kraksaan

Baca Juga

Ada Barang Bukti Bahan dan Alat, Mat Cong Diyakini Produsen Bom Ikan

Pasuruan,- Tim Penjinak Bahan Peledak (Jihandak), Satuan Reskrim Polres Pasuruan Kota dan Ditlabfor Polda Jatim …