Geramnya Cak Thoriq, Jalan Desa Hancur Gegara Truk Pasir

Lumajang,- Pembenahan dan penertiban Surat Keterangan Asal Barang (SKAB) dan mengumpulkan stockpile terpadu dalam satu kawasan, mulai gencar dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab)Lumajang.

Tidah hanya itu, penertiban sopir truk pasir yang biasa melintasi ruas jalan desa juga sudah dimulai beberapa pekan terakhir.

Bahkan Bupati Lumajang Thoriqul Haq didampingi Satpol PP dan Dinas Perhubungan (Dishub) meninjau langsung jalan Desa Gondoruso, Kecamatan Pasirian, yang biasa dilalui truk pasir, Senin (17/10/22).

Menurut Cak Thoriq, sapaan akrabnya, jalan tersebut sejatinya sudah diperbaiki beberapa bulan lalu. Namun tidak sampai setahun, sejumlah titik sudah mulai rusak kembali akibat dilalui oleh truk pasir.

Kondisi material aspal mengelupas, sehingga menyebabkan beberapa ruas jalan berlubang. Hal itu, karuan saja membuat Cak Thoriq geram.

“Padahal, dana perbaikan jalan ini masih hutang, belum lunas tapi sudah rusak lagi,” kata Cak Thoriq, Selasa (18/10/2022).

Saat ini, lanjut Cak Thoriq, beberapa ruas jalan yang rusak akan segera diperbaiki. Namun demikian, para sopir truk pasir yang mau melintas akan diberikan tindakan tegas.

“Untuk itu, mulai hari ini portal jalan desa akan digembok. Kendaraan armada pasir dari lokasi tambang harus melintasi ruas jalan nasional,” ujarnya.

Bahkan, Cak Thoriq menugaskan petugas gabungan dari Satpol PP dan Dishub Lumajang untuk menjaga portal setiap hari. Tak hanya itu, ia nantinya juga akan ikut mengawasi portal tersebut melalui tayangan CCTV yang terhubung di Dishub.

“Ada kebijakan truk kosongan diperbolehkan bisa melintas. Namun, tidak untuk truk yang dalam kondisi mengangkut pasir. Jika ada yang membuka portal tersebut untuk truk pasir, ancamannya bisa berurusan dengan hukum,” ancamnya. (*)

Editor: Efendi Muhammad
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  Modus Beli Emas untuk Mahar, Dua Perempuan Curi Kalung Emas

Baca Juga

Jebol Kandang, Pencuri Gondol Sapi di Tunggakcerme

Probolinggo – Seekor sapi milik warga Dusun Kopian, Desa Tunggakcerme, Kecamatan Wonomerto, Kabupaten Probolinggo amblas …