Januari-Oktober, Damkar Tangani 60 Kali Hewan Liar

Probolinggo – Pemadam Kebakaran (Damkar) Pemot Probolinggo tak hanya menanggulangi terjadinya kebakaran, namun juga mengevakuasi hewan liar yang masuk ke permukiman warga. Hingga bulan Oktober petugas damkar telah mengevakuasi hewan liar sebanyak 60 kali.

Kasi Damkar pada Dinas Satpol PP, Linmas dan Damkar, Abdullah mengatakan, sering mengevakuasi hewan liar mulai dari ular hingga sarang tawon yang masuk di permukiman warga.

“Total selama Januari hingga Oktober, kami telah melakukan eksekusi atau evakuasi hewan liar sebanyak 60 kali, yang mana, eksekusi hewan liar ini didominasi tawon sebanyak 35 kali,” ujarnya, Selasa (18/10/2022).

Sisanya sebanyak 25 kali, damkar mengevakuasi ular, tokek, biawak, hingga kera, dimana hewan ular yang masuk ke rumah warga sebanyak 11 kali penanganan.

Untuk eksekusi sarang tawon, petugas damkar menggunakan dua metode yakni, dibakar dan langsung dimasukkan ke dalam karung bekas. Namun jika posisi sarang tawon sulit dijangkau, biasanya, sarang langsung dibakar.

“Untuk tahun 2022 ini, penanganan baik hewan liar, maupun pohon tumbang, hingga penanganan lain naik dari tahun sebelumnya. Hingga bulan Oktober, petugas sudah menangani sebanyak 98 kali penanganan, dari tahun sebelumnya mencapai 49 kali penanganan,” imbuh Abdullah. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Diduga Mengantuk, Pemotor Tewas Akibat Tabrak Truk Terparkir

Baca Juga

Banjir Lahar Hujan Susulan Hantui Warga Lereng Semeru Lumajang

Lumajang,- Banjir lahar hujan Gunung Semeru yang menerjang sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS), Rabu (24/4/2024), …