144 Orang Lulus Tes Tulis Panwaslu Kecamatan

Kraksaan – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Probolinggo mengumumkan hasil tes tulis, Selasa (18/10/2022) sore. Dari 735 pendaftar Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan yang lulus penelitian berkas, akhirnya diumumkan 144 orang yang dinyatakan lulus dalam tes tulis.

Komisioner Bawaslu setempat, Zaini Gunawan memgatakan, 144 orang tersebut diambil berdasarkan nilai tertinggi pada hasil tes tulis. Setiap kecamatan terdapat enam pendaftar yang berhak menuju tahapan selanjutnya.

“Yang menentukan enam nilai terbaik itu Bawaslu RI, bukan ranah kami,” katanya, Selasa.

Ia menjelaskan, pihaknya tidak dapat memgotak-ngatik nama-nama yang diluluskan Bawaslu RI tersebut. Pasalnya, untuk membuka data nama-nama yang lulus tes tulis tersebut, pihaknya harus menggunakan password atau kata sandi yang dipegang Bawaslu Provinsi.

Selain itu, pihaknya juga mendapatkan penegasan dari Bawaslu RI agar tidak mengubah nama-nama yang sudah diputuskan. Sebab, Bawaslu RI tidak akan ragu melaporkan ke Dewan Kehormatan Pemyelenggaraan Pemilu (DKPP).

“Sandi itu diberikan ketika semua komisioner kumpul. Dan pusat tidak akan segan-segan men-DKPP-kan jika ada ketidaksesuaian. Jadi, penilaian ini murni dari pusat,” ujarnya.

Setelah ini, tiga dari enam orang pada masing-masing kecamatan tersebut akan diplenokan setelah melakukan tes wawancara. Rencananya tes wawancara calon Panwascam tersebut akan diselenggarakan pada tanggal 20-23 Oktober mendatang.

“Karena nanti yang akan dilantik untuk menjadi badan ad hoc kami itu pada masing-masing kecamatan hanya tiga orang,” ujarnya. (*)

Daftar nama-nama yang loloa tes tulis bisa di cek di bawah ini:
https://probolinggo.bawaslu.go.id/2022/10/18/pengumuman-hasil-seleksi-tes-tulis-cat-calon-panwascam-bawaslu-kabupaten-probolinggo/

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Ratusan Sapi ‘Suspect’ PMK, Peternak Diminta Lakukan Ini

Baca Juga

Pj Bupati Probolinggo: Belum Ada Laporan ASN Bermedsos Politik

Probolinggo – Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam menggunakan media sosial (medsos) menjadi salah satu …