Pura-pura Ngamen, eh Ternyata Maling Motor

Lumajang,- Pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) terjadi di Dusun Pondokasri RT/01 RW/01, Desa Kaliboto Kidul, Kacamatan Jatiroto, Kabupaten Lumajang, Senin (5/9/2022) sekitar pukul 16.30 WIB. Kejahatan jalanan ini gagal total karena aksi pelaku tepergok korban.

Informasi yang dihimpun, pelaku diketahui bernama Zaenal Abidin (45) warga Desa Kalirejo, Kabupaten Jember. Sebelum beraksi, ia pura-pura mengamen sambil diam-diam berusaha mencuri sepeda motor milik korban.

Selanjutnya, pelaku dengan sigap menaiki motor matic milik korban, yang diparkir di depan rumahnya. Tanpa diduga, aksi pelaku ternyata tepergok korban yang langsung berteriak maling.

Pemilik motor, Umar Rizki mengatakan, aksi pelaku gagal setelah ia melihat dan berteriak untuk mengagalkan aksinya. Ia dibantu warga lainnya, akhirnya berhasil menangkap pelaku.

“Pelaku berpura-pura ngamen dan tiba-tiba naik serta menstater sepeda motor saya yang diparkir depan rumah. Mengetahui hal itu, akhirnya saya berteriak dan pelaku berhasil dikejar dan ditangkap,” kata Umar, Selasa, (6/9/2022).

Menurut Umar, sekilas memang tidak ada yang mencurigakan dari penampilan pelaku. Ia membawa gitar layaknya pengamen pada umumnya. Sambil bernyanyi, ia memantau situasi untuk mengambil sepeda yang terparkir di depan rumah.

“Jadi motor sudah keadaan posisi on tinggal starter, mungkin kalau enggak saya lihat, sudah dibawa maling motornya,” terang dia.

Saat ia berteriak maling, imbuh Umar, warga sigap membantu mengejar pelaku hingg ia akhirnya terangkap. Pelaku sempat jadi sasaran amuk massa sebelum diserahkan ke polisi.

“Sudah dibawa ke polisis sama pak RT, tadi sempat diamankan di sini. Saat ditanya ngaku juga, dia bilang dibongkar kunci kontak motornya,” jelas Umar.

Saat ini, barang bukti berupa sepeda motor Honda GL dengan nomor polisi (nopol) N 5157 YT sudah dibawa aparat kepolisian. Barang bukti itu masih dalam pemeriksaan Polsek Jatiroto.

Baca Juga  Jadi Korban ‘Skimming’, Uang TKW di Probolinggo Raib

Kapolsek Jatiroto AKP Rudi Isyanto mengatakan, pihaknya telah menerima laporan dan sudah menjemput pelaku untuk diperiksa lebih lanjut.

“Benar ada upaya pencurian kendaraan bermotor, terduga pelaku sudah diamankan dan kita masih lakukan penyilidikan,” pungkasnya.(*) 

 

Editor : Efendi Muhammad

Publisher : Zainullah FT

Baca Juga

Motor Ditendang, Emak-emak Glamor di Besuk Jadi Korban Jambret 

Probolinggo,- Aksi nekad pelaku kejahatan terjadi di siang bolong. Kali ini, maling beraksi di Desa …