Imbas Harga BBM Naik, Harga Bawang Merah hingga Cabai Merah Meroket

Pasuruan – Harga sejumlah komoditas di Pasar Gadingrejo, Kota Pasuruan mengalami kenaikan. Naiknya komoditas tersebut seiring kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang diumumkan pemerintah beberapa waktu lalu.

Menurut Muhammad lutfi (35), distributor sayur mengatakan, kenaikan harga yang menonjol terjadi pada komoditas bawang putih, bawang merah, cabai besar, dan cabai rawit.

“Bawang dan cabai naik semua. Kenaikan harga ini karena BBM naik, ” kata Lutfi, Selasa, (6/9/2022).

Dijelaskan Lutfi, sebelum BBM naik, harga bawang putih berada di kisaran Rp14 ribu per kilogramnya (Kg). Kini harganya naik menjadi Rp15 ribu/Kg.

Sementara harga bawang merah yang sebelumnya Rp25 ribu/Kg, kini menjadi Rp27 ribu/Kg. Adapun cabai besar yang sebelumnya Rp45 ribu/Kg, saat ini menjadi Rp55 ribu/Kg.

“Harga cabai rawit dari Rp30 ribu sekarang naik menjadi Rp40 ribu per kilogram,” jelas dia kepada wartawan.

Sementara itu menurut seorang ditributor sayur lainnya, Ali Masud (26) mengatakan, kenaikan harga BBM berdampak pada meningkatnya konsumsi bahan bakar sehari-hari. Menurutnya biaya konsumsi BBM naik menjadi dua kali lipat.

“Setiap hari harus bolak balik membeli sayuran ke pasar di Malang untuk dijual lagi ke Pasuruan. Mau tidak mau harga sayur dinaikkan supaya tidak merugi,” curhat Ali.(*) 

 

Editor : Efendi Muhammad

Publisher : Zainullah FT

Baca Juga  Rumah hingga Gedung SMP Rusak Akibat Gempa 

Baca Juga

Rombongan Moge Kecelakaan di Jalur Pantura Sumberasih, Pasutri Tewas

Probolinggo,- Kecelakaan beruntun yang melibatkan lima kendaraan terjadi di jalur pantura, Desa Banjarsari, Kecamatan Sumberasih, …