Rem Blong, Truk Tabrak Pikap dan Dua Motor, Satu Tewas

Probolinggo – Kecelakaan lalu lintas model “karambol” yang melibatkan empat kendaraan terjadi di Jalan Raya Lumajang, Desa Malasan Kulon, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo, Jumat pagi (5/8/2022). Sebuah truk tronton bermuatan semen diduga remnya blong sehingga menabrak tiga kendaraan, yang mengakibatkan seorang pemotor tewas dan enam lainnya luka-luka.

Informasi yang dihimpun PANTURA7.com, kecelakaan ini bermula saat truk tronton bernomor polisi (Nopol) DK 8153 SA, yang dikemudikan Madi Saputra (42), warga Kebungson, Gresik berjalan dari selatan menuju utara mengalami rem blong.

Karena lalu lintas sedang padat, diduga truk tersebut kemudian menabrak pikap Mitsubishi L 300 Nopol N 9652 YG bermuatan kelapa dan pisang. Akibatnya pikap yang juga berjalan dari arah selatan itu tergencet ke arah kiri jalan. Penumpang di bak pikap terpental sedang di dalam kabin (ruang kemudi) terluka.

Truk trontron terus berjalan dan menyambar dua motor yang berjalan dari arah berlawanan (arah utara). Akibatnya, pengendara Honda Vario Nopol N 2945 QC, Kasan (52), warga Jalan Wijaya Kusuma, Kelurahan Sukabumi, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo tewas di lokasi kecelakaan.

Seorang pengendara motor lainnya yakni, Honda Beat Nopol P 6956 NZ belum diketahui identitasnya. Truk tronton akhir terguling di tengah jalan setelah menabrak sebuah pikap dan dua motor.

“Sebelumnya, truk tersebut dari arah selatan diduga remnya blong, sopir sempat memberi tanda kepada pengendara lain. Setelah menabrak tiga kendaraan, sopir banting kendaraan ke kiri, hingga akhirnya truk bermuatan semen terguling,” ujar Djatim, warga sekitar.

Petugas dari Polsek Leces yang datang kemudian membawa korban tewas ke kamar mayat RSUD dr. Mohamad Saleh, Kota Probolinggo. Sedangkan korban luka sebagian dibawa ke RSUD dr. Mohamad Saleh dan Puskesmas Tegalsiwalan.

Baca Juga  Banjir di Gending Capai 1 Meter, ini Kesaksian Warga

Unit Laka Lantas, Satlantas Polres Probolinggo yang datang usai mendapat laporan langsung melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP). Polisi juga memintai keterangan saksi, hingga sopir truk.

Selanjutnya, polisi mengevakuasi dua motor dan pikap ke kantor Satlantas Polres Probolinggo. Sedangkan evakuasi truk tronton yang terguling masih menunggu pemindahan muatan (semen).

Kasat Lantas Polres Probolinggo, AKP Sapari mengatakan, kecelakaan ini bermula saat truk bermuatan semen mengalami rem blong. Akibatnya, truk tersebut kemudian menyasak tiga kendaraan lain sebelum akhirnya terguling ke arah kiri.

“Usai menabrak pikap, sopir truk berusaha membanting truknya ke arah kiri, hingga akhirnya terguling. Akibat kecelakaan ini, seorang meninggal dunia. Kasus ini masih kami tangani,” ujarnya. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Tekan Laka Lantas, Pemotor Dapat Helm SNI Gratis

Probolinggo – Satlantas Polres Probolinggo membagikan helm SNI, dan masker kepada pengendara motor, Jumat (12/8/2022). …