Rob Rendam Pesisir Pasuruan, Diperkirakan Berlangsung 3 Hari

Pasuruan,- Rob atau banjir akibat air laut pasang kembali menerjang permukiman warga di kawasan pesisir Pasuruan, Kamis (14/07/2022) siang. Akibat banjir rob ini, aktifitas warga terganggu.

Kasubnit lidik Satpolairud Pasuruan, Aipda Laswanto mengatakan, di wilayah Kabupaten Pasuruan, ada tiga kecamatan yang terendam, yakni pesisir Kecamatan Lekok, Kraton dan Nguling.

“Di kecamatan Kraton ada dua desa yang terendam, Desa Kalirejo dan Semare. Di Kecamatan Lekok ada tiga desa, yaitu Desa Wates, Semedusari dan Jatirejo. Di Kecamatan Nguling, ada dua desa meliputi Desa Mlaten dan Kedawang,” kata Laswanto.

Sementara di wilayah Kota Pasuruan, menurut Laswanto, banjir rob merendam pemukiman warga di Kelurahan Ngemplakrejo dan Mandaranrejo, Kecamatan Panggungrejo.

“Di Kelurahan Ngemplakrejo ini air banjir sudah masuk ke rumah-rumah warga,” katanya menjelaskan.

Laswanto menyebut, pasang air laut mulai terjadi pada pukul 07.00 WIB. Banjir rob kali ini dipengaruhi oleh fenomena bulan purnama di bulan Juli.

“Pasang air laut semakin tinggi dan meluap ke pemukiman sekitar pukul 09.00 WIB dan mencapai puncaknya sekitar pukul 11.00 WIB. Untuk ketinggian banjir rata-rata sekitar 10 hingga 15 sentimeter,” tuturnya.

Para nelayan, imbuh Laswanto, dihimbau untuk lebih waspada, karena banjir rob diperkirakan masih akan terjadi hingga Sabtu (16/07/2022).

“Diperkirakan banjir ini sampai Sabtu lusa. Kami menghimbau kepada para nelayan agar lebih waspada ketika melaut,” pungkas dia. (*)

Editor: Efendi Muhammad
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  Lokalisasi Berusia 29 Tahun Ditutup

Baca Juga

Gunung Semeru Kian Rutin Erupsi, Warga Diminta Selalu Waspada

Lumajang,- Gunung Semeru yang berada di Kabupaten Lumajang, kembali erupsi dengan letusan abu vulkanik setinggi …