Trauma Banjir, Pelaku Usaha Pindah

GENDING-PANTURA7.com, Banjir yang menerjang Desa / Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo, pada Sabtu (31/10/2020) malam, tidak hanya menimbulkan kerugian materiil. Dampak psikis juga dirasakan oleh warga terdampak.

Seperti yang dirasakan Rois Zulhasan, pemilik butik dan toko olahraga di Desa Gending. Tempat usaha lelaki muda ini tak luput dari terjangan banjir, bahkan hingga Minggu (1/11/2020) pagi, tokonya masih digenangi air setinggi 30 sentimeter.

“Makanya saya memutuskan pindah usaha saja ke selatan, disini banjir. Air sungai meluap masuk ke dalam toko,” paparnya seraya menaikkan sejumlah perangkat butik ke atas pikap.

TRAUMA BANJIR : Suasana rumah warga di Desa/Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo usai direndam banjir, Sabtu kemarin. (Foto : Moh Ahsan Faradies).

Rois mengaku, sudah 6 bulan membuka usaha di jalan raya Gending – Banyuanyar itu. “Lokasinya sih strategis di pinggir jalan, tapi rawan banjir. Sudah dua kali kebanjiran, yang terparah sekarang,” keluhnya.

Warga lainnya, Agung Dwi Kristanto mengatakan, warga sudah tidak bisa berbuat apa-apa selain pasrah dengan keadaan yang terjadi. Ia hanya berharap belas kasihan dari pemerintah daerah agar segera melakukan pengerukan sungai.

“Sudah tidak bisa apa-apa lagi. Kalau nanti sore hujan lagi dan banjir lagi kedepannya. Ya kami hanya bisa pasrah saja, kalau banjir lagi, ya bersih-bersih,” ujarnya memelas.

Camat Gending, Denny Kartika Sari juga mengaku tidak bisa berbuat banyak guna menanggulangi banjir di wilayahnya. Hanya saja, dia berharap, ada normalisasi sungai dari Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jawa Timur.

“Perlu normalisasi aliran sungai dari wilayah Desa Klenang, Kecamatan Banyuanyar dan Desa Pesawahan, Kecamatan Tiris. Selain itu kami butuh perbaikan gorong-gorong dibawah jalan provinsi,” ungkap Denny.

Dengan perbaikan dan normalisasi sungai, lanjut Denny, maka banjir di Kecamatan Gending bisa ditekan. “Aliran sungai dari dua kecamatan belum ada normalisasi. Sehingga kalau hujan deras, sungai tidak bisa menampung, ” ungkapnya. (*)

Baca Juga  Datangi Pasutri Lansia, Dinsos Jamin Bantuan

Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Kritisi Penyaluran Bansos Jelang Pemilu 2024, Mahfud MD: Orang Lewat Dikasih Bansos

Pasuruan,- Calon Wakil Presiden nomor urut 3, Mahfud MD kembali melakukan kampanye di Pasuruan. Kali …