Hindari ‘Kencing Tikus’, Warga Terdampak Banjir Jalani Pengobatan Massal

GENDING-PANTURA7.com, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Puskesmas Gending, melakukan pengobatan massal terhadap warga terdampak banjir di Desa Gending dan sekitarnya. Langkah ini diambil sebagai bentuk antisipasi warga terkena ‘Kencing Tikus atau ‘Leptospirosis’.

Kepala Puskesmas Gending, dr. Saiful Bahri mengatakan, pengobatan gratis bagi warga terdampak banjir dilakukan pada Minggu (1/11/2020) pagi, atau sesaat pasca banjir surut. Dalam kesempatan itu, sosialisasi hidup bersih juga diberikan.

Meski tidak menimbulkan korban jiwa, menurut dr. Saiful Bahri, pengobatan gratis tetap harus dilakukan untuk mencegah warga terjangkit kencing tikus. Sebab penyakit itu, kata dia, juga bisa menyebabkan seseorang meninggal dunia.

“Lebih-lebih kencing tikus ini sangat sulit disadari oleh warga karena kan tidak diketahui apa yang dikencingi, apa itu piring atau barang lainnya. Maka dari itu sebelum terjadi kami cegah dulu dengan pengobatan gratis,” kata dr. Saiful.

Selain memberikan pengobatan secara gratis kepada seluruh warga, ia menghimbau bagi warga terdampak banjir agar menghindari beberapa hal demi kesehatan dan kebaikan bersama. Yaiitu menjauhi mencuci pakaian atau barang-barang dapur dengan air banjir.

“Perlu diketahui, gejala bagi warga yang terkena kencing tikus, yaitu menggigil, batuk, diare, sakit kepala tiba-tiba, demam tinggi, nyeri otot, hilang nafsu makan, mata merah, dan nyeri otot. Penyakit ini bisa menyebabkan orang meninggal,” ungkap dia.

Sementara itu, Camat Gending, Denny Kartika Sari mengatakan, akibat hujan dengan intensitas sedang-deras kemarin di Desa Gedung, ada 108 rumah warga terendam banjir. Ketinggian debit air mencapai 60 sentimeter akibat saluran sungai sekitar tersumbat Sampah.

“Dari 108 rumah yang terdampak banjir, kurang lebih sekitar ada 125 KK. di Kantor Kecamatan airnya juga sampai ke atas lutut. Semoga dengan adanya pengobatan gratis ini bisa membantu kesehatan masyarakat,” ungkap Denny. (*)

Baca Juga  Mei-Juli, Sapi Terpapar LSD Tetap 25 Ekor

Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Sejak Januari-Maret, Puluhan Warga Kota Probolinggo Terjangkit DBD

Probolinggo,- Selama tiga bulan terakhir, Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes-P2KB) Kota mendata, …