Aksi Makan Sabun Viral, Ini Kata Pakar Medis

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Kebiasaan memakan sabun layaknya ‘Ice Cream’ yang dilakukan oleh Mubarokatul Khosyiah (21) warga Desa Dungun, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo, memantik perhatian berbagai pihak. Ada yang memviralkannya di media sosial (medsos), ada pula yang memberi pandangan secara medis.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto menyebut, kebiasaan tak lazim itu tidak boleh dibiarkan terus berlarut-larut. Sebab berdasarkan pandangan medis, kebiasaan itu tidak logis dan tidak dibenarkan.

“Itu sangat berbahaya, sebab jika sabun sudah masuk perut dan diproses di lambung, akan ada reaksi kimia. Makanya kami kawatir jika kebiasaan itu terus dilanjutkan,” kata Anang saat dimintai pendapatnya, Sabtu (16/2/2019).

Pihan dinas, lanjut Anang, berencana mendatangi rumah Khosik untuk memberikan arahan. “Kami akan datangi yang bersangkutan, kami arahkan dan berikan konsuling agar kebiasaannya tidak dilanjutkan. Dari sisi medis, juga akan kami tindaklanjuti,” janjinya.

Tak hanya aneh dan langka, kebiasaan yang dilakukan Khosyik, begitu ia dikenal, juga mengundang rasa heran para tetangga dan kerabat. Mereka mengaku tak pernah tahu jika Khosik mempunyai kebiasaan ‘nyeleneh’ makan sabun selama hampir 2 tahun ini.

“Baru tahu saya, tahunya ya pas ada wartawan yang meliput itu. Selama inu, saya tidak pernah melihat dia makan sabun, mungkin dilakukan saat di dalam rumah atau ketika tidak ada orang,” tutur Siti Romlah (34), salah satu tetangga Khosyik.

Diketahui, kebiasaan makan sabun yang dilakukan Mubarokatul Khosyiah, ibu muda dengan 1 anak bermula saat ia ‘ngidam’ hamil muda. Anehnya, kebiasaan stri dari Khoirul Anwar (29) itu bertahan hingga anaknya Assyifa Khoirun Nisa’ lahir dan kini sudah berusia 1 tahun. Kebiasaan Khosik mendadak viral setelah video makan sabun olehnya, diposting di Instagram. (*)

Baca Juga  Mudik Dilarang Objek Wisata Dibuka

 

 

 

Penulis  : Rahmad Soleh

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Lelang Proyek di Pemkot Pasuruan Tuai Kritik, Massa Ancam Turun Jalan

Pasuruan,- Kebijakan proses lelang di Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan tengah menjadi sorotan publik. Hal ini …