Cegah DBD, Kamar Para WBP di Rutan Kraksaan Di-fogging

KRAKSAAN,- Untuk mencegah berjangkitnya Demam Berdarah Dengue (DBD) yang biasa merebak di musim hujan, Rumah Tahanan (Rutan) Kraksaan kelas II B disemprot (fogging). Kamar-kamar Warga Binaan Permasyarakatan (WBP) hingga halaman Rutan diasapi.

Kepala Rutan Kelas II B Kraksaan, Bambang Irawan mengatakan, fogging dilakukan ketika Kabupaten Probolinggo memasuki musim hujan. Sebab, hujan membuat lingkungan di rutan menjadi lembab sehingga populasi nyamuk makin bertambah.

“Ya menyadari hal ini langsung berkoordinasi dengan Dinkes (Dinas Kesehatan,Red.) untuk segera fogging. Kami khawatir kalau tidak cepat dilakukan para WBP ini terjangkit DBD, karena memang suasana lingkungan sudah tidak aman lagi,” kata Bambang, Minggu (23/1/2022).

Tidak hanya fogging, Bambang melanjutkan, jika para WBP juga diperintahkan untuk menjauhi dan menghindari tempat-tempat genangan air serta memperhatikan kebersihan lingkungan sekitar utamanya di tempat berkumpulnya para WBP atau di dalam kamar masing-masing.

“Populasi nyamuk otomatis berkembang biak dengan cepat kalau sudah musim penghujan. Maka dari ini kami sudah kasi pemahaman agar menjauhi tempat yang jadi sarang nyamuk. Kalau sejauh ini alhamdulilah belum ada WBP terjangkit DBD,” tutur Bambang.

Sekadar informasi, Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo menyebut, masyarakat di musim penghujan harus mewaspadai empat penyakit langganan. Meskipun cara menghindari penyakit ini mudah, tapi kebanyakan banyak kesulitan melakukannya sehingga berakibat fatal.

“Diare, DBD, saluran pernafasan atau pneumonia dan kencing tikus. Keempat penyakit ini sudah jadi langganan, salah satu upayanya hanya dari kebersihan lingkungan dan ini sulit dilakukan,” kata Kasi Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Menular (P2PM) Dinkes setempat, dr. Dewi Vironica. (*) 

Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : Albafillah

Baca Juga  700 Ribu Warga Probolinggo Akan Divaksin Covid-19

Baca Juga

Manfaat Mengkonsumsi Nasi Beku bagi Tubuh, Jaga Berat Badan dan Sembuhkan Diabetes

Probolinggo,- Mengkonsumsi nasi beku dalam beberapa waktu terakhir menjadi tren di kalangan masyarakat. Selain membuat …