Darurat Covid-19, Penumpang Kapal Tujuan Madura Dirapid Antigen

MAYANGAN,- Tim Gabungan dari Polairud Polres Probolinggo, Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan, Kantor Kesehatan Pelabuhan, bersama sejumlah instansi terkait lainnya menggelar tes rapid antigen ke penumpang kapal dengan tujuan Pulau Madura dan sekitarnya, Rabu (9/6/21).

Salah satu penumpang kapal yang dirapid antigen yakni kapal dengan tujuan pulau Gili Mandangin. Sebanyak 8 penumpang termasuk nakhoda, dites rapid antigen oleh petugas.

Kasat Polairud Polres Probolinggo, AKP Slamet Prayitno mengatakan, tes rapid antigen itu digelar untuk antisipasi masuknya warga asal Bangkalan Madura ke Probolinggo. Sebab saat ini, kasus Covid-19 di Bangkalan terus melonjak.

“Kegiatan rapid tes antigen ini akan terus kita lakukan, tak hanya bagi penumpang kapal tujuanadura, namun bagi kru kapal nelayan yang dari luar daerah yang masuk ke pelabuhan Probolinggo,” ujar Slamet.

Sementara itu, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas 2 Probolinggo, Jumali menjelaskan, pihaknya menyiapkan 2 ribu alat rapid antigen bagi penumpang kapal. Saat ini, memang prioritasnya adalah penumpang maupun Anak Buah Kapal (ABK) dari kawasan Pulau Madura.

“Jika nantinya hasil rapid tes penumpang maupun ABK ada yang positif, maka kita akan koordinasi dengan Pemerintah Kota Probolinggo untuk proses karantinanya. Atau kita akan terbitkan notifikasi kepada pemerintah asal pasien tersebut agar di karantina di kota asalnya,” ujarnya.

Untung saja, 8 orang yang menjalani rapid tes antigen, termasuk nakhoda kapal, hasilnya negatif. Hasil tes keluar sekitar 15 menit sejak mereka dites rapid oleh petugas.(*)

Editor: Efendi Muhammad
Publisher: Albafillah

Baca Juga  18 Pasien Covid-19 di Probolinggo Masih Dirawat

Baca Juga

Sejak Januari-Maret, Puluhan Warga Kota Probolinggo Terjangkit DBD

Probolinggo,- Selama tiga bulan terakhir, Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes-P2KB) Kota mendata, …