Tangguh! 3 Desa ini tak ‘Tersentuh’ Covid-19

GADING-PANTURA7.com, Tiga desa di Kabupaten Probolinggo diplot sebagai desa tangguh bencana non alam. Tiga desa itu meliputi Desa Gading Wetan, Kecamatan Gading; Desa Binor, Kecamatan Paiton; dan Desa Sukokerto, Kecamatan Pajarakan.

“Kami mengapresiasi tiga desa tangguh ini. Hingga saat ini, tidak ada satupun warganya yang terpapar Covid-19, kami harap tiga desa ini menjadi percontohan desa yang lain,” kata Kapolres Probolinggo, AKBP Ferdy Irawan saat launching desa tangguh di Desa Gading Wetan, Kamis (28/5/2020).

Wakil Bupati Probolinggo, Timbul Prihanjoko menjelaskan, desa tangguh digalakkan untuk mengajak masyarakat bersama-sama peduli permasalahan yang ada di desanya. Serta memiliki kepedulian terhadap sesama melalui budaya gotong royong.

“Melalui pandemi Covid-19 ini, kita diingatkan oleh Allah SWT agar memiliki kepedulian terhadap sesama dan lingkungan. Terlebih lagi pandemi ini tidak dapat dipastikan kapan akan berakhir dan membutuhkan energi yang luar biasa untuk menghadapinya,” papar Timbul.

Timbul berharap, masyarakat bisa berdamai dengan keadaan saat ini, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Karena kalau dibiarkan, menurutnya, malah akan merusak sendi-sendi kehidupan dan bisa jadi sebab runtuhnya negara.

“Mari kembali beraktifitas seperti biasanya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Desa tangguh ini untuk mengajak masyarakat peduli. Kalau semua sudah tangguh, tentunya masyarakat akan mampu menghadapi problematika di desa,” jelas dia.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Gading Wetan, Supriyono mengatakan, launching desa tangguh yang ditandai pukulan kentongan, untuk kembali mengenalkan alat tradisional dari.desa setempat, yang saat ini mulai terkikis peralatan modern.

“Bila ada orang asing masuk, warga membunyikan kentongan, tanpa diperintah warga lainnya melakukan hal serupa. Sehingga semua tahu, jika ada orang asing masuk ke desa. Dengan kentongan ini, ternyata menjadi cara efektif membendung penularan korona,” tandas Supriyono. (*)

Baca Juga  Top! Perbaikan Infrastuktur Jalan di Kabupaten Probolinggo Hampir 100 Persen


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Jaga Kebersihan Lingkungan, Belasan Armada Sisir Kawasan Lumajang selama Lebaran

Lumajang,- Untuk mengantisipasi membeludaknya sampah pasca Hari Raya Idul Fitrih 1445, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang …