Ramadhan, Penjual Ikan Asap Menjamur

MAYANGAN-PANTURA7.com. Memasuki awal Ramadhan, sejumlah pedagang ikan asap di sepanjang Panglima Sudirman tepatnya di Kelurahan Jati, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo mulai bermunculan. Biasanya, jumlah pedagang ikan asap semakin banyak di pekan akhir Ramadhan.

Momen menjelang lebaran rupanya menjadi kesempatan pendagang ikan asap untuk mendulang rupiah. Sehingga mereka bisa mengumpulkan sebagian keuntungan untuk merayakan lebaran.

Salah seorang pedagang ikan asap, Hartini (40) mengatakan, perbedaan pendapatan cukup mencolok selama bulan Ramadan. Terlebih mendekati lebaran nanti, banyak warga yang berburu ikan asap untuk menu berbuka puasa.

“Dari berjualan ikan asap, saya mendapatkan pendapatan kotor Rp300.000 hingga Rp500.000,” kata warga asli Kelurahan Jati itu, Sabtu (25/4/2020).

Sementara itu, pedagang ikan asap lainnya, Siti (42) yang juga warga setempat tidak menyia-nyiakan kesempatan momen Ramadhan kali ini. “Untung bersih terkadang mencapai Rp50.000, hari-hari belakangan biasanya bisa sampai Rp100.000,” kata Siti.

Menjelang lebaran, lanjut Siti, banyak pembeli yang melewati jalan ini sehingga dagangannya laku banyak.

‘’Selama Ramadhan ikan asap tidak hanya diburu warga sekitar. Tapi juga para pengguna jalan yang melintas.Ramadhan kami buka mulai siang pukul 14.00 WIB hingga sore 17.00 WIB, dan saat sore baru ramai-ramainya pembeli,” tambahnya.

Seorang pembeli, Nia (23) memilih membeli ikan asap untuk menu berbuka puasa lantaran rasanya yang gurih dan sedap. “Selain murah, ikan asap bisa diolah jadi berbagai masakan,” ujarnya. (*)


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Muhammad Rizal


Baca Juga  Pemkab ‘Warning’ Pedagang Dadakan yang Marak Selama Ramadhan

Baca Juga

Kendalikan Inflasi, Pemkab Lumajang Ajak Masyarakat Tanam Tanaman Cepat Panen

Lumajang,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang, mengajak masyarakat menanam pangan cepat panen untuk menekan angka inflasi. …