Buah Semangka Inul Segarnya ‘Menggoyang’

MAYANGAN-PANTURA7.com, Buah semangka menjadi salah satu pilihan sebagai pelepas dahaga saat terik matahari yang cukup menyengat. Termasuk buah semangka berbentuk lonjong yang popular disebut semangka Inul banyak digemari warga Probolinggo.

Sejumlah pedagang bermobil pikap dan motor roda tiga banyak menjajakan semangka Inul sejak beberapa bulan lalu. Semangka ini selain banyak mengandung air, rasanya lebih manis ketimbang semangka berbentuk bundar.

Tiap hari sekitar satu ton semangka Inul dijual di jalan masuk menuju Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Mayangan,” kata Doris, salah satu pembeli, Kamis (5/11/2020).

Ia mengaku, sering membuat jus semangka selain langsung dikonsumsi. “Untuk penghilang haus saat cuaca panas, semangka pilihan tepat,” katanya.

Dikatakan dengan harga cukup terjangkau, Rp5.000 per buah semangka seberat sekitar 3 kilogram, buah ini laris manis terjual.

“Saya biasa beli semangka Inul di sini untuk dijual kembali dalam bentuk jus buah semangka,” kata Syahrul.

Penjual semangka, Fendy memberikan tips untuk memilih semangka yang baik. “Memilihnya itu tidak susah. Pertama, lihat ukurannya. Cari yang ukurannya besar karena yang berukuran kecil biasanya airnya kurang manis. Kedua, perhatikan warna. Warna semangka yang manis bisa dilihat dari warnanya yang kekuningan. Itu biasanya manis,” katanya. (*)


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Rizal Wahyudi


Baca Juga  Curi Motor Peziarah, Kuli Bangunan Asal Besuk Dibekuk

Baca Juga

Jangan Mudik! Ada Pos Penyekatan di Tol Paspro

LECES,- Untuk mengantisipasi warga yang nekad mudik saat malam hari, Satlantas Polres Probolinggo melakukan penyekatan …