Pasca Terbakar, Pedagang Pasar Loak Karangketug Direlokasi

GADINGREJO-PANTURA7.com, Pasca terbakar pada Rabu (04/11/2020) malam kemarin, Pasar Loak Karangketug, Kelurahan Katangketug, Kecamatan Gadingrejo hanya menyisahkan puing-puing bangunan dan barang dagangan yang hangus terbakar.

Musibah yang terjadi sekira pukul 19.00 WIB itu, sedikitnya menghanguskan 82 bangunan, yang terdiri dari 10 los dan 72 kios.

Pantauan PANTURA7.com di tempat kejadian perkara (TKP) pada Kamis (5/11/2020), sebagian pedagang terlihat berjualan dengan memanfaatkan pasar burung yang bersebelahan dengan pasar loak.

“Yang bedaknya ludes terbakar hanya bisa pasrah dan melihat saja,” papar Abdul Aziz, salah seorang pedagang setempat.

Kepala UPT Pasar Disperindag Kota Pasuruan, Ridho Wijaya mengatakan, pemerintah akan membangun kembali pasar barang bekas tersebut, bahkan akan menjadi skala prioritas di tahun 2021.

Namun untuk sementara, lanjut dia, pihaknya akanmelakukan relokasi pasar yang terbakar ke tempat yang telah disediakan.

“Kita relokasi dengan tenda-tenda di tempat yang kita sediakan, di timur area kebakaran. Untuk keamanannya nanti kita bekerja sama dengan pedagang, kita gilir, supaya ada kebersamaan dan semangat baru,” paparnya.

Menurutnya, pemerintah Kota Pasuruan juga akan mengupayakan bantuan sosial pada penjual yang lapaknya telah terbakar, “Tadi para pedagang sudah berdialog dengan Pj. Sekda. Bantuan sosial, kami upayakan,” janjinya.

Terkait enyebab kebakaran, lanjut Ridho, sejauh ini masih dalam penyelidikan aparat kepolisian. “Kami juga masih menunggu laporan dari kepolisian, untuk kerugianmasih kita hitung,” tutup Ridho. (*)


Editor : Efendi Muhamad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  Terjatuh, Nyawa Petugas Kebersihan Pasar Prigen Melayang

Baca Juga

Tebing Piket Nol Kembali Longsor, Jalur Lumajang – Malang Kembali Ditutup

Lumajang,- Jalur Piket Nol di KM 54 Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang kembali ditutup. …