Musim Hujan, PLN-DLH Pangkas Pohon Dekat Aliran Listrik

MAYANGAN-PANTURA7.com,Guna menjaga keamanan pasokan listrik saat memasuki musim penghujan, PT PLN Cabang Probolinggo bersama DLH kembali melakukan pemangkasan pohon yang berdekatan dengan jaringan listrik. Hal ini untuk menghindari risiko pepohonan itu mengganggu jaringan listrik.

“Pemangkasan ini hampir setiap hari kita lakukan karena melihat cuaca akhir-akhir ini agak ekstrem. Sehingga harapannya pada saat hujan dan angin itu tidak mengenai jaringan listrik, yang bisa menimbulkan gangguan atau padamnya listrik,” ungkap Manajer PT PLN ULP Probolinggo, Gerhady Purnama, Selasa (20/10/2020).

Setiap hari PLN juga DLH menerjunkan beberapa tim dan disebar di masing-masing wilayah, guna melakukan pemangkasan.

Saat peralihan musim dari panas ke hujan seringkali terjadi padam listrik saat hujan, hal ini dikarenakan sambungan kabel listrik alami perubahan secara drastis. Maka ketika hujan akan terjadi lompatan api yang tentunya membuat aliran listrik akan mati.

Selain itu dengan curah hujan yang tinggi bisa mempercepat pertumbuhan pohon, sehingga dapat mengganggu jaringan di sekitar kabel listrik PLN.

“Maka dari itu intensitas teman-teman dalam melakukan perawatan jaringan semakin kita tingkatkan. Utamanya di daerah kota juga daerah industri,” kata Ghery, panggilan akrab Gerhady Purnama.

Kepala DLH Kota Probolinggo, Rachmadeta Antariksa menambahkan,yang menjadi titik rawan terjadinya gangguan listrik yakni di sekitar pohon yang rindang. Dalam keadaan seperti ini juga menjadi tantangan PLN dalam melakukan perawatan jaringan listrik.

Selain itu, pihaknya meminta agar pohon yang ada di sekitar rumah warga bisa diizinkan untuk dilakukan pemangkasan. Tujuannya, supaya tidak mengganggu jaringan listrik PLN juga pohon roboh yang tersebar di wilayah pemukiman warga tersebut. (*)


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Rizal Wahyudi


Baca Juga  Dana Kena Kepras, Rekonstruksi Jembatan Pajarakan Gagal

Baca Juga

Bulan Ramadan, Jam Kerja ASN Pemkab Probolinggo Dipangkas

Probolinggo,- Selama Ramadan, Pemerintah Kabupaten Probolinggo memangkas jam kerja bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN)-nya. …