MAYANGAN-PANTURA7.com. Tim gabungan dari sejumlah instansi kembali menggelar razia Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan (PDPK) di Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Mayangan, Kota Probolinggo, Minggu (26/7/2020).

Tim beranggota Kodim 0820 Probolinggo, Polsek Mayangan, Satpol PP, BPBD, Dishub dan Tim Kesehatan mendatangi para nelayan yang sedang berlabuh di PPP Mayangan. Para nelayan diperiksa suhu badannya dengan thermogun.

“Kami melakukan Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan (PDPK) kepada warga yang beraktivitas di Perikanan Pantai Mayangan. Mereka wajib menggunakan masker, jaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun di tempat yang telah disediakan,” terang Pasi Ops Kodim,Kapten Inf. M.Yusuf.

Dikatakan tidak ditemukan nelayan yang suhu badannya di atas 38 derajat Celcius. Jika ditemukan warga bersuhu badan tinggi akan dibawa ke Puskesmas terdekat untuk pemeriksaan lebih lanjut.

“Kegiatan ini terus dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 yang mungkin dibawa warga yang baru tiba dari luar daerah,” tambahnya.

Sementara itu Kasi Pengelola Teknis Pelabuhan (PTP) pada UPT PPP Mayangan, Arif Wahyudi menjelaskan, pihaknya sudah melaksanakan protokol kesehatan. Termasuk sudah disiapkan wastafel portable di pintu masuk pelabuhan dan pengecekan suhu tubuh.

“Selain itu kami juga mengimbau kepada para pekerja untuk selalu menggunakan masker dan cuci tangan pakai sabun,apabila ditemukan pekerja tidak mematuhinya kami suruh keluar dari wilayah pelabuhan perikanan,” tegas Arif.

Salah satu pekerja pelabuhan, Doris mengatakan,seringnya petugas melakukan pendisiplinan wajib memakai masker membuat para pekerja di sini patuh. “Kami selalu memakai masker jika memasuki wilayah pelabuhan perikanan demi kesehatan kami sendiri,” ucapnya. (*)


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Rizal Wahyudi


Baca Juga  Antisipasi Tragedi Tuban, Putra Tukul Arwana Kroscek Tiga Jembatan