Kekeringan, BPBD dan Koramil Gading Pasok Air Bersih di Jurangjero

GADING-PANTURA7.com, Krisis air bersih mulai dirasakan sebagian warga di Kabupaten Probolinggo di awal musim kemarau. Termasuk di antaranya dirasakan sebagian warga di RT 08 RW 03, Dusun Kuncian, Desa Jurangjero, Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo bersama Koramil Gadil akhirnya memasok air bersih bagi 76 kepala keluarga (KK) di Jurangjero, Minggu (27/7/2020).

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo, Anggit Hermanuadi membenarkan, sejumlah desa di Kabupaten Probolinggo mengalami krisis air bersih di awal musim kemarau ini. “Ini dampak dari musim kemarau yang menyebabkan sumber-sumber mata air mengering,” katanya.

Sementara itu Danramil Gading, Kapten Inf. M. Yahuddin mengatakan, pihaknya berusaha ikut membantu BPBD dalam pendistribusian air bersih. “Ya betul, karena memang sekarang sudah memasuki musim kemarau sehingga debit air pada beberapa sumber mata air mulai berkurang,” terang Danramil.

Kapten Yahuddin menambahkan, pihaknya melalui Babinsa bersama pemerintah desa membantu warga. Salah satunya melakukan koordinasi dengan pihak kecamatan hingga ke BPBD.

“Kita berharap upaya bersama ini dapat membantu meringankan beban masyarakat khususnya yang membutuhkan air bersih untuk minum, memasak dan mandi,” tambahnya.

Dikatakan kerjasama semua pihak dalam pendistribusian air bersih ini bukan yang pertama kali dilakukan. Namun ini merupakan kegiatan tahunan mengingat pada setiap musim kemarau ketersediaan air bersih sulit diperoleh.

“Saya harap pendribusian air bersih ini dilakukan secara kontinyu, bahkan ke wilayah lain yang saat ini juga membutuhkan air bersih,” kata Danramil.

Sementara itu Kades Jurangjero, Mustapa mengatakan, berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Probolinngo juga TNI. “Bantuan air bersih bisa mengurangi beban rakyat kami, apalagi sekarang memasuki musim kemarau yang mengakibatkan sumber air mati dan kekeringan,” ujarnya. (*)

Baca Juga  Banjir di Wilayah Tongas, Satu Orang Meninggal Dunia


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Rizal Wahyudi


Baca Juga

Tabrak ‘Bokong’ Truk, Pemuda Krejengan Meregang Nyawa

Probolinggo – Kecelakaan maut kembali terjadi di Jalur Pantura, Kelurahan Patokan, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo. …