Masih Pandemi, Penjualan Hewan Kurban di Pasuruan Anjlok

PURWOREJO-PANTURA7.com, Mendekati hari raya Idul Adha, pedagang hewan kurban mulai menjamur di wilayah Kota Pasuruan. Salah satunya terlihat di Kelurahan Tembokrejo, Kecamatan Purworejo.

Sumanto (50) salah satu pedagang hewan kurban menjelaskan, saat ini harga jual hewan kurban cukup stabil dan terjangkau. Hanya saja, kata dia, jumlah pembeli mengalami penurunan.

“Harga masih sama seperti tahun kemarin. Kalau pembeli ya, memang banyak penurunan,” jelas pedagang asal Perumahan Taman Asri, Kecamatan Purworejo ini, Minggu (26/7/2020).

Ia menambahkan, harga satu ekor hewan kurban jenis kambing dipatok sekitar Rp2 juta hingga Rp2 5 juta. “Pembeli banyak yang dari pelanggan lama,” tutur Sumanto.

Menurut pengakuannya, sampai saat ini hewan kurban yang laku terjual masih 50 ekor, baik jenis kambing maupun domba. Tahun ini, Sumanto menyiapkan sekitar 90 ekor domba dan kambing yang dijual untuk kebutuhan kurban.

“Untuk stok saat ini 90 ekor, tahun kemarin itu sekitar 200 ekor. Memang di masa pandemi ini sangat menurun jumlah pembelinya,” jelas dia.

Namun hingga saat ini, terang Sumanto, hewan dagangannya maupun milik pedagang lain di Kota Pasuruan, belum mendapat pemeriksaan kelayakan dari petugas Dinas Peternakan.

“Dari Dinas belum ada pengecekan, biasanya kalau sudah dicek itu dikasih semacam bandrol. Nah itu menunjukkan bahwa hewannya benar-benar sehat,” tutup Sumanto. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  Pasca Operasi Pasar, Bawang Putih Masih Mahal

Baca Juga

Beras Impor 8.200 Ton Tiba di Probolinggo, Dibongkar di Pelabuhan

Probolinggo,- Ribuan ton beras impor tiba di Dermaga II Terminal Umum, Pelabuhan Delta Artha Bahari …