Pasien Positif Covid-19 di Probolinggo Merupakan Peserta Pelatihan Haji

KRAKSAAN-PANTURA7.com, Kabupaten Probolinggo masuk dalam zona merah Covid-19 setelah 3 orang warganya dinyatakan positif terinfeksi virus corona. Bupati Probolinggo, Puput Tantriana Sari, pun membenarkan hal tersebut.

Melalai press conference yang digelar di Pendopo Kabupaten Probolinggo, pada Jum’at (10/4/2020) sekitar pukul 20.30 Wib, Tantri menyebutkan bahwa 3 orang yang dinyatakan positif corona merupakan petugas haji kluster Sukolilo.

“Hari ini, kami Pemerintah Kabupaten Probolinggo telah diuji dengan adanya tiga orang petugas haji kluster Sukolilo yang terkonfirmasi positif corona,” kata Bupati Tantri.

Tiga orang tersebut, lanjut Tantri, merupakan petugas haji yang dikirim oleh Pemkab Probolinggo bersama 7 orang lainnya untuk mengikuti bimtek Tenaga Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) di Asrama Haji Sukolilo Surabaya, pada tanggal 09-18 Maret 2020 lalu. 

Ketiga pasien Covid-19 itu, menurut Tantri, terdiri dari 2 orang petugas medis dan seorang pemuka agama. Mereka diketahui positif terinfeksi corona setelah dua kali menjalani rapid test, yakni pada Jum’at (27/3/2020) lalu dan Senin (6/4/2020).

“Saat ini, kami bersama tim, telah melakukan upaya pencegahan dengan melokalisir 10 orang peserta pelatihan haji ini bersama dengan orang-orang terdekat. Utamanya keluarga dan juga rekan kerja yang telah bertemu sekian hari,” tutur Bupati.

Kondisi 3 pasien positif Covid-19 yang seluruhnya berjenis kelamin laki-laki dan 7 orang lainnya, sambung Tantri, saat ini stabil tanpa ada keluhan atau gejala apapun. Tiga orang pasien positif corona diketahui masing-masing berasal dari Kecamatan Kraksaan, Paiton dan Tongas.

“Kami sudah melakukan isolasi mandiri terhadap mereka di rumah pengawasan sejak beberapa hari yang lalu. Mohon do’anya agar tiga orang ini terus dalam kondisi yang fit dan mampu meningkatkan daya tahan tubuhnya,” harap Tantri.

Baca Juga  Nisan Raksasa Bakal Dirobohkan, Bintaos Pasrah

Diketahui, Peta Sebaran Covid-19 di Provinsi Jawa Timur (Jatim) dalam rilis terbarunya, pada Jum’at (10/4/2020) pukul 17.00 Wib, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim mencantumkan sejumlah kota/kabupaten yang kini menjadi kawasan zona merah Covid-19.

Di Kabupaten Probolinggo, ada 3 orang warga yang terkonfirmasi positif terinfeksi Covid-19, seperti dilansir dari website http://infocovid19.jatimprov.go.id/. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Videotron Alun-alun Kraksaan akan Diganti, Pemkab Probolinggo Rogoh Rp2 M

Probolinggo,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo berencana mengganti videotron di Alun-alun Kraksaan. Pasalnya, videotron tersebut sudah …