Renovasi Jalan Dibantu Australia Dimulai, Ini Progresnya

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Proyek renovasi infrastruktur jalan yang melibatkan Pemkab Probolinggo dengan pemerintah Australia melalui Kemitraan Indonesia Australia (KIAT)  mulai dikerjakan. Proyek senilai Rp 159 miliar itu kini masih tahap pembersihan jalan.

Hal ini terpantau PANTURA7.com pada Sabtu (22/6) di mana sejumlah jalur di wilayah Kabupaten Probolinggo mulai dikerjakan. Salah satunya di wilayah Kecamatan Sukapura. Sejumlah petugas tengah melakukan pembersihan di ruas-ruas jalan.

Beberapa ruas jalan itu berada di sejumlah desa seperti, Jetak, Wonotoro, Wonokerto, termasuk jalan di sekeliling Pasar Sukapura. Proyek pembersihan berlangsung sejak Mei lalu hingga empat bulan ke depan.

“Sudah sejak bulan Ramadhan lalu dilakukan pembersihan sebelum dilakukan dasaran berupa cor. Saat ini sejumlah selokan di ruas jalan dibersihkan,” kata Camat Sukapura, Bambang Heri Wahjudi melalui sambungan seluler.

Lanjut Heri, pengerjaan akan dilakukan sesuai standar yang diminta pemerintah Australia. Termasuk tenaga kerja yang harus melibatkan warga lokal, kaum difabel dan perempuan.

“Tiga unsur tenaga kerja juga diminta Australia. Sehingga warga lokal, perempuan, dan kaum difabel ikut terlibat,” tandasnya.

Tak hanya di wilayah Sukapura, di daerah lain juga dilakukan secara bertahap di antaranya Kuripan, Leces, Bantaran, Pantalan, dan Wonomerto.

Diketahui dalam pengerjaan proyek berdana total Rp. 159 miliar ini, pemerintah Australia akan membantu 40% anggaran atau sekitar Rp 70 miliar. Sisanya akan ditanggung Pemkab Probolinggo melalui APBD 2019, 2020, dan 2021.

Pada tahun 2019, Australia akan mengucurkan dana Rp 15 miliar, dilanjutkan Rp 29 miliar pada 2020. Tahap terakhir, pada 2021, Australia melalui KIAT akan mengucurkan Rp 26 miliar. (*)

 

 

Penulis: Rahmad Soleh

Editor: Ikhsan Mahmudi

Baca Juga  PLN Siap Atasi Padamnya Listrik di Ambulu

Baca Juga

Tambah 54 PJU Baru, Dishub Kota Probolinggo Alokasikan Anggaran Rp860 Juta

Probolinggo,- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Probolinggo akan menambah puluhan Penerangan Jalan Umum (PJU) di sejumlah …