Gali Potensi, Kadin Gelar Festival Olahan Mangga

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Untuk mempertahankan dan meningkatkan produktivitas Kota Probolinggo sebagai Kota Mangga, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) menggelar Ekspo Mangga pada Rabu (6/11) di halaman Museum Probolinggo, Jalan Suroyo.

Kegiatan itu berbentuk festival olahan buah mangga, diikuti 58 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Produknya khusus olahan dari buah mangga.

Berbagai olahan mangga tersebut disajikan di antaranya, puding mangga, stick mangga, dodol mangga, es tlunyur mangga, nastar mangga, mangga krispi kribo , manggo xlano xlano dan pentol mangga serta yang lain.

Ekspo mangga dibuka Ketua Kadin Kota Probolinggo H. Indi Eko Yanuarto. ST MM. Tampak hadir Wakil Ketua Kadin Jatim Ir. Muhammad Rizal , Direktur Kadin Institut Dr. Ir. Jamhadi MBA , Plt Sekda Achmad Sudianto dan jajaran forkopimda.

Dalam sambutannya, Indi mengatakan, Kota Probolinggo sebagai kota mangga harus terus dipertahankan potensinya. Melalui produk dari olahan mangga diharapkan mampu meningkatkan geliat ekonomi Kota Probolinggo.

“Melalui ekspo mangga ini kita bisa meningkatkan sumber daya manusia khususnya bidang entrepeneurship dimana mayoritas diikuti oleh ibu-ibu,” kata putra mantan Walikota Probolinggo H.M. Buchori itu.

Dewan juri saat memberikan penilaian terhadap olahan mangga di Festival Ekspo yang digelar Kadin Kota Probolinggo. (Foto : Rahmad Soleh)

Tak hanya itu, ia berharap potensi produk olahan dari mangga harus terus ditingkatkan. Baginya kegiatan ini tak cukup seremonial saja, namun harus ada tindak lanjut.

“Kegiatan ini tidak hanya seremonial belaka, makanya pasca festival mangga akan ada pelatihan peningkatan kempuan oleh 58 pelaku UMKM. Harapannya bisa meningkatkan daya saing nantinya,” jelasnya.

Sementara itu Plt Sekda Achmad Sudianto yang mewakili Pemkot Probolinggo mengapresiasi, langkah Kadin Kota Probolinggo. Sebab langkah tersebut dinilai sejalan dengan Pemkot Probolinggo dalam meningaktkan perekonomian.

“Kami sangat mengapresiasi mengingat ini bagian dari inovasi tekonologi siap pakai dengan menggandeng pengusaha kreatif demi meningkatkan perekonomian Kota Probolinggo,” katanya.

Baca Juga  Awas! 4 Kecamatan Rawan Banjir dan Gelombang Pasang

Dalam ekspo tersebut, berbagai olahan mangga tersebut dilombakan. Sejumlah juri sengaja disiapkan untuk menilai olahan dari mangga. (*)


Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Rizal Wahyudi


Baca Juga

Tambah PJU, Dishub Probolinggo Gelontorkan Anggaran Hampir Setengah Miliar

Probolinggo,- Dinas Perhubungan Kabupaten Probolinggo secara bertahap terus menyediakan Penerangan Jalan Umum (PJU). Sekitar setengah …