Resmi Ditutup, Ada ‘Cross Culture’ di Semipro 2018

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Perhelatan Seminggu di Kota Probolinggo (Semipro) 2018 resmi ditutup, Senin (3/9/2018) malam. Jika tahun-tahun sebelumnya terpusat pada pengenalan budaya lokal, pada Semipro 2018 ada tambahan berupa pengenalan budaya bangsa lain (cross culture).

Closing Semipro 2018 oleh Wali Kota Probolinggo Rukmini dihadiri jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD), TNI, dan Polri. Tampak pula wakil walikota terpilih M. Soufis Sobri. Dimulai sekitar pukul 20.00 WIB, penutupan disemarakkan kedatangan puluhan ribu warga Kota Probolinggo dan ‘tetangga dekat’ Kabupaten Probolinggo.

Dalam sambutannya, Walikota Rukmini mengatakan, Semipro kali ini berbeda dibandngkan tahun-tahun lalu. Jika sebelumnya terpusat pada seni dan budaya lokal, kali ini ada pertukaran budaya (cross culture) dari sejumlah negara.

Hal ini ditandai dengan hadirnya tiga kontingen mancanegara yakni Filipina, Korea Selatan dan Malaysia pada pembukaan Semipro dan Panglima Sudirman on the Street, beberapa hari lalu.

“Dengan tema Lestari Budayaku Mendunia Kreasiku menjadi ajang pertukaran budaya. Berbeda dengan tahun lalu, yang terpusat pada budaya lokal. Hal ini agar sama-sama saling mengenalkan budaya antar negara,” kata Rukmini.

Pedangdut Anisa Bahar duet bersama Walikota Probolinggo, Rukmini, dalam closimg ceremony Semipro 2018, Senin (3/9/2018) malam.

Tak hanya seni budaya, Semipro 2018 juga mengangkat pengembangan bibit atlet melalui olahraga seperti olahraga tradisional, Sahabat Hawai Club, dan speed climbing. Hal ini karena pelaksanaan Semipro bertepatan dengan Asian Games 2018

“Pengembangan bibit muda atlet perlu digalakkan. Alhamdulillah atlet kita, Rindi Sufriyanto yang meraih emas pada Asian Games 2018 menjadi motivasi dan inspirasi,” ujarnya.

Walikota mengucapkan banyak terima kasih kepada para tamu, TNI dan Polri maupun panitia. Termasuk kepada para peserta yang turut meramaikan Semipro 2018.

Alunan musik dangdut menghangatkan penutupan Semipro 2018. Meski Dewi Persik gagal tampil, penutupan dihiasi penampilan artis kawakan Anisa Bahar beserta keluarganya.

Baca Juga  Rayakan Pelantikan, Kades di Pasuruan ini Corat-coret Pajero 

Dengan lagu hits Terajana, Anisa Bahar pemilik Goyang Patah Patah ini, membius puluhan ribu penonton yang asyik bergoyang sehingga penuturan Semipro 2018 kian semarak. (Adv)

 

Penulis : Rahmad Soleh
Editor : Ikhsan Mahmudi

Baca Juga

Sengketa Tanah Picu Konflik Sosial, Pemkab Lumajang Galakkan Sertifikasi Tanah Elektronik

Lumajang,- Puluhan tahun lamanya, beberapa masyarakat Kabupaten Lumajang mengalami krisis sosial yang disebabkan oleh sengketa …