Kalaksa BPBD Kota Probolinggo, Sugito Prasetyo menunjukkan data suhu panas melalui citra satelit.

Dampak El Nino, Suhu Panas di Kota Probolinggo Capai 35 Derajat Celcius

Probolinggo – Sejak Senin (2/10/23) suhu pada siang hari di Kota Probolinggo terasa lebih panas, hingga mencapai 35 derajat Celcius. Diperkirakan, suhu panas ini akan terjadi hingga seminggu ke depan.

Dari pantauan BMKG, suhu panas di Kota Probolinggo pada siang hari ini mencapai 35 derajat Celcius. Suhu ini lebih tinggi jika dibandingkan suhu panas normal Kota Probolinggo yang rata-rata mencapai 32 derajat Celcius.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kota Probolinggo, Sugito Prasetyo mengatakan, suhu panas pada Jumat hari ini mencapai 35 derajat Celcius.

“Jadi meskipun suhu panas sudah terjadi sejak Senin kemarin, namun suhu panas terasa sejak Rabu kemarin hingga Jumat ini yang terpantau suhu panas mencapai 35 derajat Celcius,” ujarnya.

Suhu panas di Kota Probolinggo ini akan berada di puncak pada Sabtu besok yang berdasarkan rilis BMKG mencapai 34 hingga 36 derajat Celcius.

Suhu panas ini tak hanya terjadi di Kota Probolinggo, namun terjadi dihampir seluruh wilayah Jawa Timur. Sesuai rilis BMKG suhu panas akan berlangsung hingga minggu depan.

Sugito menerangkan, bahwa suhu panas yang terjadi ini karena terjadinya fenomena El Nino, yang mengakibatkan musim kemarau hingga November 2023, kering, hingga berangin.

“Petugas BPBD Kota Probolinggo, terus me mantau di Pusdalops BPBD Kota Probolinggo, serta terus menginformasikan kepada warga dan Pemerintah Kota Probolinggo, sehingga informasi ini dapat dimanfaatkan,” kata Sugito.

Sisi lain suhu panas akibat fenomena El Nino ini di Kota Probolinggo, September hingga Oktober 2023 ini memicu terjadinya 16 kali kebakaran lahan. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Kasus HIV/AIDS Meningkat, ini Pesan Wabup Lumajang 

Baca Juga

TPID Kota Probolinggo Buka Warung Sembako, Harga tak Menguras Kantong

Probolinggo,- Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (DKUMP), …