Waspada Corona, MUI Anjurkan Warga Baca Qunut Nazilah

KRAKSAAN-PANTURA7.com, Penyebaran virus corona atau covid-19 di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) membuat banyak pihak tanggap. Tak terkecuali Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Probolinggo.

Dalam konferensi pers yang dilakukan MUI Kabupaten Probolinggo di kantor ruang Diskominfo Kabupaten Probolinggo, komunitas kiai itu menganjurkan bagi warga Kabupaten Probolinggo agr membaca Qunut Nazilah.

Doa qunut nazilah, diketahui merupakan doa yang bisa dibaca pada waktu selain sholat shubuh, dimana arti dari doa qunut nazilah memohon perlindungan kepada Allah SWT dari segala marabahaya dan penyakit serta wabah tak kasat mata.

“Kami mengajak masyarakat yang beragama Islam untuk mendekat diri kepada Allah dengan membaca doa Qunut Nazilah di setiap salat fardhu dan sholawat yang lainnya,” kata Sekretaris MUI, KH. Syihabuddin Sholeh, Senin (16/3/2020).

Tak hanya dalam bentuk do’a, MUI juga meminta kepada masyarakat untuk ikhtiyar dengan menjaga kebersihan. Baik kebersihan diri, lingkungan, dan tempat ibadah. Maka dari itu, menurutnya, ia meminta untuk dilakukan penyemprotan.

“Kami minta ada penyemportan disenfektan untuk masjid dan musalla. Sedangkan bagi yang menderita flu, demam, dan batuk segera berobat,” ujar Syihabuddin.

Dalam hal ini, sambungnya, iapun juga mendukung upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam menangani penyebaran virus corona dengan membentuk Satgas siaga darurat bencana non alam.

“Mitigasi bencana non alam ini patut diikuti oleh segenap lapisan warga. Dengan menunda kegiatan mengumpulkan orang banyak. Seperti rapat, imtihan, seni pertunjukan, dan lainnya,” ujarnya. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  MUI Izinkan Sholat Ied Berjamaah di Masjid

Baca Juga

Lima Pejabat Eselon II Pemkab Probolinggo Pensiun Tahun ini

Probolinggo,- Tahun ini ada lima pejabat eselon II di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo yang …