Jaksa Masuk Sekolah, Remaja Melawan Narkoba

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, SMPN 10 Kota Probolinggo menggelar sosialisasi dan penyuluhan hukum bagi pelajar. Penyuluhan digelar untuk meningkatkan pemahaman siswa akan pentingnya menaati peraturan dan hukum yang berlaku di tanah air.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kamsi Arianto selaku Kepala SMPN 10, dalam pesannya menyampaikan kepada para peserta agar kegiatan ini dapat diikuti dengan seksama. Terlebih materi kegiatan ini sangat penting bagi siswa karena berkaitan dengan norma hukum juga selaras dengan mata pelajaran PKn (Pendidikan Kewarganegaraan), Senin (16/3/2020).

Sosialisasi hukum yang mengangkat isu bahaya narkotika dan obat-obatan terlarang (Narkoba) dan UU Perlindungan Anak digelar di Aula Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 10. Sedikitnya, 80 siswa SMPN 10 Kota Probolinggo mendapat penyuluhan mengenai narkoba dan perlindungan anak.

Program yang dikemas dalam kegiatan “Jaksa Masuk Sekolah” ini mengambil tema “Remaja Melawan Narkoba”. Selain tentang Narkoba, para siswa tersebut juga diberikan edukasi tentang Undang – Undang Perlindungan Anak dengan pemateri dari Kejaksaan Negeri Kota Probolinggo, yakni Benny Brandono,Elan Jaelani SH dan Sugeng Hariyanto SH.

Narsum menyampaikan beberapa hal terkait hukum yang berlaku di indonesia, terutama bagaimana menangani permasalahan yang terkait kasus hukum sesuai prosedurnya, mulai proses mediasi bahkan kepada proses pelaporan kepada kepolisian.

Narasumber juga berpesan agar siswa tidak melakukan bullying dan kekerasan kepada siswa lain yang nantinya berakibat menjadi celah hokum bahkan dapat dipidanakan.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMP Negeri 10,Kamsi Ariyanto mengatakan, kegiatan ini selain sangat positif para siswa juga mendapatkan ilmu tentang bahaya Narkoba dan UU Perlindungan Anak.

“Edukasi tentang narkoba sangat bermanfaat bagi remaja di bangku SMP sehingga tidak mudah terjerumus dalam pengaruh barang haram Narkoba,” tegasnya. (*)

Baca Juga  Jelang Turnamen, Pesilat Gasmi Berlatih Keras


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : Rizal Wahyudi


Baca Juga

Arus Balik, Penumpang KA di Stasiun Bangil Melonjak 40 Persen

Pasuruan,- H+4 Lebaran, Stasiun Bangil di Kabupaten Pasuruan dipadati penumpang yang melakukan perjalanan mudik balik. …