Covid-19 Merebak, Wali Kota Probolinggo; Jangan Panik

KANIGARAN-PANTURA7.com, Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin meminta masyarakat Kota Probolinggo tidak panik dan resah dengan merebaknya penyebaran wabah Covid-19 atau virus Corona.

Orang nomor satu di Kota Probolinggo itu, meminta masyarakat supaya menyikapi hal itu dengan tenang, dan melakukan upaya pencegahan dengan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Dengan adanya kasus Covid-19 di Indonesia, maka saya menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak panik dan tetap melakukan aktivitas seperti biasanya,” kata Wali Kota, Senin (16/3/2020).

Meski demikian, lanjutnya, masyarakat Kota Probolinggo harus tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran virus mematikan ini. Masyarakat harapnya, harus melakukan langkah-langkah deteksi dini dan pencegahan dengan mengenali gejala virus.

“Yaitu demam, batuk, pilek, gangguan pernapasan, sakit tenggorokan, letih dan lesu,” ia menjelaskan.

Selain itu, Habib Hadi juga meminta masyarakat menerapkan gaya hidup sehat. Mulai dari sering mencuci tangan dengan sabun, menggunakan masker apabila batuk atau pilek, serta hati-hati dan menghindari kontak dengan hewan.

“Disarankan juga rajin olahraga dan istirahat cukup, meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan rutin berolahraga, serta segera ke fasilitas kesehatan apabila batuk, pilek dan sesak nafas,”imbau dia.

Pemerintah Kota Probolinggo, klaim Wali Kota, telah melakukan langkah antisipasi sejak awal. Upaya pencegahan itu antara lain dilakukan di kalangan pegawai pemerintahan, maupun di sarana ruang publik.

“Salah satu yang dilakukan yakni menyiapkan pencuci tangan atau hand sanitizer di tempat-tempat umum untuk memudahkan masyarakat membersihkan tangan jika tidak ada air,” pungkasnya. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : Rizal Wahyudi


Baca Juga  PWI Mewarnai Jurnalisme 'Check and Balance'

Baca Juga

Lelang Proyek di Pemkot Pasuruan Tuai Kritik, Massa Ancam Turun Jalan

Pasuruan,- Kebijakan proses lelang di Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan tengah menjadi sorotan publik. Hal ini …