Out-Bound, Cara Jurnalis Tingkatkan Profesionalisme

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Profesi jurnalis merupakan salah satu pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi ekstra. Namun tak jarang, konsentrasi pecah seiring beban pekerjaan yang menumpuk serta rutinitas tinggi.

Untuk meringankan beban kerja dan mengasah konsentrasi, Komunitas Jurnalis Probolinggo menggelar out-bound di kawasan wisata lereng Gunung Bromo, tepatnya di Desa Wonokerto, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, pada Kamis (7/2/2019).

Dipandu Ridho Outbound, aneka permainan motivasi yang melatih konsentrasi, kerja sama tim serta teknik kepemimpinan dimainkan. Games tersebut diantaranya permainan lempar tepukan bola bekel, komunikasi game (Bush) dan Game leader (Simon).

“Semua game yang kami sajikan kepada para jurnalis, mengandung unsur kesolidan antar sesama dan menguji tingkat kefokusan mereka, sehingga nanti ketika meliput dan menulis berita, fokusnya terjaga,” kata Guide Leader Ridho Out-Bound, Ahmad Ridho’i.

Salah satu jurnalis yang disiram setelah gagal dalam mengikuti permainan. (Istimewa).

Aneka games yang dimainkan berlangsung selama sekitar 1 jam. Meski demikian, keseruan bersama keringat bercucuran sepanjang permainan. “Saya harap, permainan ini bisa membantu rekan-rekan jurnalis menyajikan berita yang positif bagi masyarakat,” harap Ridho’i.

Sementara, salah satu wartawan senior Ikhsan Mahmudi menjelaskan, Out-Bound menjadi salah satu cara untuk menjaga profesionalisme jurnalis. Giat ini, kata dia, sekaligus rangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN) yang jatuh setiap tanggal 9 Februari.

“Dengan semangat HPN ke 19, mari kita lebih bertanggung jawab dengan berita yang kita berikan kepada masyarakat. Disamping itu, kita juga harus mampu memberikan pemberitaan yang positif dan faktual ditengah maraknya informasi hoaks belakangan ini,” ajak Ikhsan (*).

 

 

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga  Dua Bulan, Polres Pasuruan Ungkap 73 Kasus Kejahatan

Baca Juga

Naik 15 Persen, KAI Daop 9 Jember Angkut 208.798 Penumpang

Probolinggo,- PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 9 Jember selama 22 hari angkutan lebaran melayani …